VIDEO: Analisis Profesor Konstruksi soal Tol Layang Jakarta-Cikampek

Jalan Tol Layang Jakarta-Cikampek di Kilometer 28, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu, 8 Desember 2019.
Sumber :
  • ANTARA/Fakhri Hermansyah

VIVA – Jalan tol layang Jakarta-Cikampek II menjadi perbincangan warganet karena konturnya disebut bergelombang setiap 180 meter. Ada yang mempertanyakan rancang bangun jalan dari ahli konstruksi, ada juga yang takut melintasinya karena dianggap berbahaya.

8.725 Pemudik Langgar Ganjil Genap Selama Mudik Lebaran 2024, Dikenai Sanksi Tilang

Jalan tol layang Jakarta-Cikampek II dijadwalkan akan diresmikan dan dibuka untuk umum pada 15 Desember, tetapi kemudian diundur hingga 20 Desember 2019. Pengerjaan jalan sepanjang 38 kilometer dengan satu gerbang masuk dan satu gerbang keluar itu diklaim dalam tahap penyelesaian akhir.

Korps Lalu Lintas Polri merekomendasikan kecepatan kendaraan di jalan itu hanya 70 kilometer per jam. Para pengendara akan dipantau oleh electronic traffic law enforcement (E-TLE) dan para pelanggarnya akan mendapat e-tilang.

Tarif Tol di 3 Ruas Ini Dapat Diskon, Simak Lokasi dan Waktunya

Tim tvOne mewawancarai guru besar manajemen konstruksi pada Universitas Pelita Harapan, Jakarta, Prof Dr Manlian Simanjuntak, untuk meminta analisisnya tentang kelaikan jalan tol yang disebut bergelombang seperti ombak itu. Simak analisisnya dalam video berikut ini:

One Way Tol Kalikangkung-Cipali Dihentikan, Contraflow KM 72 hingga KM 47 Masih Dilakukan
>
Truk jalan sendiri di Jalan Tol Batang-Semarang KM 413 B arah Jakarta

Jasa Marga soal Truk Jalan Sendiri di Jalan Tol Kalikangkung Semarang: Sopir Lupa Rem Tangan

PT Jasa Marga Semarang-Batang membenarkan insiden truk yang berjalan sendiri di Jalan Tol Batang-Semarang KM 413 B arah Jakarta pada Kamis pagi, sekira pukul 08.00 Wib

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024