Wisata Eksotis Nusa Pombo, Habitat Asli si Burung Pombo

Pulau Merpati, weekend getaway untuk wisatawan Ambon. Foto oleh @rifqirlt (instagram).
Pulau Merpati, weekend getaway untuk wisatawan Ambon. Foto oleh @rifqirlt (instagram).
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Indonesia timur tersohor dengan keindahan pulaunya yang eksotis dan masih jarang terjamah tangan manusia. Berbagai penghargaan pun kerap disabet Indonesia Timur, salah satunya Maluku Tenggara yang pernah menyabet penghargaan Most Populer Hidden Paradise dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia. Tak heran dengan hasil penghargaan ini, karena faktanya, Maluku memang punya banyak sekali pulau cantik.

Tak jauh-jauh dari Ambon misalnya, terdapat satu pulau yang masih sangat alami dan cukup sepi dari wisatawan. Nusa Pombo, yang hanya berjarak satu jam dari Pelabuhan Ambon, pulau ini menyimpan pesona yang jika disandingkan dengan Raja Ampat tak akan kalah. Penasaran seperti apa keindahan Nusa Pombo? Berikut ulasannya.

1. Nusa Pombo, pulau cantik yang tak berpenghuni.

Meski letaknya tak jauh dari Pelabuhan Ambon, yaitu hanya satu jam dengan speed boat, namun pulau ini ternyata tak berpenghuni. Sehingga setiap wisatawan yang datang ke pulau ini harus menyiapkan makanan, minuman dan peralatan lainnya sendiri. Misalnya saja wisatawan ingin snorkeling, maka wajib bagi wisatawan untuk membawa snorkle sendiri. Untuk wisatawan yang berencana berlibur ke Nusa Pombo maka pilihan hotel atau penginapan terdekat yang ada di Kota Ambon.

2. Nusa Pombo adalah habitat asli bagi burung Pombo.

Pombo berasal dari bahasa Perancis yang berarti merpati. Jadi, nama Nusa Pombo bisa juga diartikan dengan Pulau Merpati. Pulau ini memang menjadi habitat asli bagi ratusan burung merpati. Burung yang didaulat sebagai tanda cinta ini hidup bebas di Pulau Merpati dan bersarang juga di sana. Wisatawan yang datang bisa melihat ratusan burung merpati ini dari kejauhan. Jika ingin memberikan makan pada burung ini sebaiknya perhatikan juga jenis makanan yang dibawa. Biasanya burung merpati suka pada biji-bijian, salah satunya jagung.

3. Suasananya yang tenang membuat Pulau Merpati asyik dinikmati sambil bersantai.