Selain Labuan Bajo, Indonesia Timur Juga Punya Pulau Morotai yang Tak Kalah Menakjubkan

Pulau Morotai, Maluku Utara.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Dalam beberapa tahun belakangan, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) memang begitu menjadi sorotan dan berhasil menarik banyak wisatawan domestik maupun mancanegara. Hal tersebut semakin terlihat setelah diselenggarakannya Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN pada 9-11 Mei 2023 lalu.

PAN Lebih Utamakan Kadernya Maju di Pilkada 2024

Apalagi kala itu, ruang konferensi langsung menyajikan keindahan alam laut Labuan Bajo dengan kapal pinisi. Belum lagi saat Presiden Joko Widodo (Jokowi), mengajak langsung para pemimpin menyaksikan matahari tenggelam (sunset) dari atas kapal pinisi, membuat para kepala negara ASEAN takjub akan keindahan Labuan Bajo.

Efeknya, semakin banyak orang yang tertarik untuk berlibur ke kawasan wisata yang berada di Indonesia Bagian Timur itu.

Dampak Pencopotan Pejabat Tak Sesuai Aturan, Kemendagri Blokir SIPD Pemprov Malut

Tapi, tahukah Kamu kalau Labuan Bajo bukan satu-satunya kawasan pariwisata yang indah dan menakjubkan di Indonesia Timur? Ada satu destinasi lain yang juga tengah naik daun, yakni Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Morotai yang tak kalah indah alam baharinya.

Pulau Morotai, Maluku Utara.

Photo :
  • Istimewa
Membuka Peluang Baru, Workshop Daring Maluku-Papua untuk Pendidikan Digital

KEK Morotai sendiri merupakan kawasan pariwisata prioritas yang dikelola dan dikembangkan oleh Jababeka Morotai di Pulau Morotai, Maluku Utara.

Keistimewaan Morotai tentu saja terletak pada alam laut dan baharinya. Layaknya wisata yang berada di bagian timur Indonesia yang terkenal akan wisata laut, KEK Morotai punya panorama pantai yang memesona dan alam laut yang menakjubkan. Perpaduan pantai, pasir putih, dan birunya air laut selalu berhasil membuat jiwa siapa pun yang melihatnya menjadi tenang.

Pulau Dodola, pulau ikonik

Pulau Morotai, maluku Utara.

Photo :
  • Istimewa

Jelajah pulau atau island hopping menjadi kegiatan wajib bagi wisatawan saat berkunjung ke KEK Morotai. Daftar pulau yang dijelajahi sendiri merupakan pulau-pulau kecil di Pulau Morotai yang memiliki keunikan masing-masing.

Mulai dari Pulau Dodola, Pulau Pasir Putih, Pulau Kokoya, Pulau Kolorai dan Pulau Zum-zum. Dari semua pulau tersebut, Pulau Dodola ialah destinasi ikonik wisata di Pulau Morotai, bahkan disebut-sebut sebagai objek wisata andalan di Pulau Morotai.

Pulau Dodola sendiri terdiri dari pulau Dodola Kecil dan Pulau Dodola Besar. Keunikan Pulau Dodola hadir saat air laut surut, di mana Pulau Dodola Kecil dan Pulau Dodola Besar akan tersambung dan tersisa hanya pemandangan pasir putih sepanjang 100 meter yang berpadu dengan birunya air laut.

Tak sampai di situ, wisatawan akan bisa melihat wisata hutan mangrove yang masih perawan dan kicauan burung yang bisa menghilangkan rasa penat dari kesibukan. Sebab suara kicauan merdu burung bisa menciptakan tubuh jadi rileks.

"Hampir semua pengunjung, banyak menghabiskan waktu di Pulau Dodola karena mereka biasanya betah. Entah sekadar menikmati suasananya, berfoto-foto, berenang maupun snorkeling untuk melihat pemandangan terumbu karang yang indah," jelas Susan Wijaya selaku General Manager Jababeka Morotai dalam keterangannya, Rabu, 28 Juni 2023.

Morotai punya hiu-hiu jinak

Pulau Morotai, Maluku Utara.

Photo :
  • Istimewa

Tak habis di situ, Susan menceritakan bahwa Pulau Morotai memiliki 28 spot diving bagi wisatawan yang suka diving. Di mana, setiap titik diving memiliki keindahan sekaligus keunikan masing-masing. Tak ayal, karena ini Pulau Morotai disebut sebagai salah satu tempat diving terbaik di Indonesia.

Salah satu spot diving yang menarik dan banyak wisatawan ialah spot diving di Pulau Mitita. Mengapa? Kurang dari 15 meter di dasar laut Pulau Mitita, divers bisa bertemu dengan segerombolan hiu besar ukuran jumbo.

Namun, Kamu tak perlu takut, karena gerombolan hiu itu merupakan hiu sirip hitam yang jinak. Di momen tersebut, penyelam bisa berenang bersama dengan hiu maupun mengabadikan foto.

"Kalau Labuan Bajo punya komodo yang hanya di Labuan Bajo. Kalau di Morotai, ada hiu-hiu jinak yang bisa diajak foto dan berenang bersama," ucap Susan.

Akomodasi di KEK Morotai

Penginapan di Pulau Morotai.

Photo :
  • Istimewa

Jangan khawatir kalau mau berwisata ke Morotai. Menurut Susan, saat ini sudah ada pesawat yang bisa membawa wisatawan setiap hari ke sana. Soal akomodasi juga banyak pilihan penginapan yang bisa dipilih. Salah satunya  ialah D'Aloha Resort.

Resort ini memiliki fasilitas yang lengkap, sehingga terjamin keamanan dan kenyamanannya. Harganya juga terjangkau dan posisinya dekat dengan pantai.

“Hal itu dibuktikan dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menginap di hotel ini saat kunjungan kerja ke Pulau Morotai dulu,” ujar Susan.

Tak hanya itu, resort ini juga menyediakan paket tur bagi wisatawan yang ingin island hopping dan memilih wisata-wisata menarik lainnya di Pulau Morotai.

Harga yang ditawarkan juga sudah termasuk penginapan, makan pagi-siang-malam di D'Aloha Resort, transportasi darat dan laut selama wisata, snack dan lunch box selama wisata, guide profesional dan antar jemput ke bandara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya