5 Destinasi Wisata Cocok Dikunjungi saat Libur Sekolah, Yuk Ajak Anak Moms!

Berwisata di kawasan 'watersport' Tanjung Benoa, Badung, Bali
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

JAKARTA – Libur telah tiba. Tak ada salahnya meluangkan waktu sejenak bersama anak-anak dan mendampinginya dalam mengisi masa liburan sekolah. Berlibur bersama tidak hanya memberikan kesempatan untuk melepas kepenatan, tetapi juga dapat meningkatkan ikatan antara anggota keluarga.

Terbang ke Negara Asia Tenggara Lebih Hemat Pakai ASEAN Explorer Pass, Apa Itu?

Meluangkan waktu saat liburan sekolah bisa dilakukan dengan berbagai hal, misalnya melakukan perjalanan keluar kota bersama keluarga. Anda bisa menerapkan konsep Smart Holiday Destination. Menurut Badan Pusat Statistik, terdapat 2.552 objek wisata di Indonesia dengan destinasi yang cocok untuk liburan sekolah dengan Smart Holiday Destination. Apa itu? Yuk, scroll untuk mengetahuinya.

"Smart Holiday Destination sendiri merupakan sebuah konsep liburan edukasi merujuk pada jenis perjalanan yang dirancang dengan tujuan utama untuk memberikan pengalaman edukasi yang menyenangkan kepada anak melalui eksplorasi dan interaksi langsung dengan lingkungan dan budaya baru,” jelas Department Head Retail OK Bank, Hardiansyah Ramadhan dalam keterangannya, dikutip Rabu 28 Juni 2023. 

Gegara Syuting Ilegal, Dita Karang Hingga Hyoyeon SNSD Ditahan di Bali

Berikut 5 destinasi wisata yang tergolong Smart Holiday Destination tersebut:

Banyuwangi, Edutrip Emvitrust dan Desa Adat Osing Kemiren

Bule Australia Berulah di Bali, Bikin Keributan hingga Aniaya Sopir Travel

Kawah Ijen.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Banyuwangi memiliki potensi wisata yang menarik, seperti Kawah Ijen dan Pantai Pulau Merah. Emvitrust, sebuah LSM yang fokus pada pelestarian lingkungan, menyelenggarakan tour wisata edukasi yang melibatkan pengelolaan sampah dan perjalanan ke Pantai Wedi Ireng. Di Desa Adat Osing Kemiren, terdapat atraksi wisata edukasi budaya seperti pertunjukan tarian, kerajinan tangan, dan pembatikan.

Malang, Jatim Park 2 Kota Batu dan Museum Angkut

Satwa yang ada di Secret Zoo Jatim Park 2

Photo :
  • VIVA.co.id/Lucky Aditya

Di Malang, terdapat Jatim Park 2 di Kota Batu yang merupakan smart holiday destination. Di sana, anak-anak dapat bertemu dengan berbagai jenis burung dan belajar mengenai mereka. Selain itu, terdapat Museum Angkut yang menampilkan sejarah transportasi dan dapat membuka wawasan anak-anak.

Bali Safari & Marine Park dan Wisata Pulau Penyu Tanjung Benoa, Bali

Ocean walker di Tanjung Benoa, Bali

Photo :
  • istimewa

Bali, destinasi favorit di Indonesia, menawarkan tempat wisata keluarga yang memberikan pengalaman belajar bagi anak-anak. Bali Safari dan Marine Park berfokus pada pelestarian satwa langka dan budaya Bali. 

Wisata Pulau Penyu di Tanjung Benoa menawarkan pengalaman edukatif dan interaktif, seperti melihat proses penetasan dan pelepasan anak penyu ke laut serta berpartisipasi dalam kegiatan pelestarian penyu.

Jendela Alam dan Padepokan Dayang Sumbi, Bandung

(Ilustrasi) Pengunjung memberi pakan untuk burung Parkit (Melopsittacus undulatus) saat berwisata di Wisata Taman Burung Bird & Bromelia Pavilion, Bandung, Jawa Barat.

(Ilustrasi) Pengunjung memberi pakan untuk burung Parkit (Melopsittacus undulatus) saat berwisata di Wisata Taman Burung Bird & Bromelia Pavilion, Bandung, Jawa Barat.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Bandung menawarkan tempat wisata menarik yang meliputi Jendela Alam dengan aktivitas berkebun, bercocok tanam, beternak, dan memanen hasil kebun untuk pengalaman belajar anak-anak. 

Padepokan Dayang Sumbi menyediakan edukasi pembuatan kain sutra melalui ulat sutra yang dijelaskan oleh pemandu wisata. Terdapat pula rekreasi menarik lainnya seperti memberi makan hewan satwa dan taman bermain.

Taman Belajar dan Sindu Kusuma Edupark, Yogyakarta

Dokumentasi - Wisatawan di Taman Pintar Yogyakarta sedang berfoto.

Photo :
  • ANTARA/Eka AR

Tidak hanya banyaknya pusat pendidikan, ada beberapa wisata edukasi seperti Taman Belajar yang cukup terkenal bagi wisatawan lokal dan luar kota. Taman Belajar Yogyakarta menyediakan teknologi interaktif secara digital serta pemutaran video yang akan memicu imajinasi anak melalui ketertarikan anak terhadap teknologi.

Ada juga Sindu Kusuma Edupark yang wisata edukasi serupa dengan melakukan aktivitas outbound untuk meningkatkan family bonding dan terdapat kelas membatik bersama keluarga Anda.

Konsep Smart Holiday Destination, sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan ilmu untuk anak Anda saat liburan sekolah. 

"Apabila Anda memerlukan biaya tambahan untuk berlibur bersama keluarga, Anda bisa memanfaatkan sarana penyedia keuangan jika memiliki rencana liburan yang lebih besar melihat anggaran berlibur bersama keluarga tidaklah kecil,” tambah Hardiansyah.

Salah satu pilihan sarana penyedia keuangan yang bisa Anda pertimbangkan adalah Pinjaman Tanpa Agunan (KTA), salah satunya OK KTA multiguna dari OK Bank dapat mendukung biaya tambahan untuk liburan Anda bersama keluarga.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya