6 Kegiatan Seru yang Bisa Dilakukan di Morotai, Termasuk Berenang dengan Hiu Sirip Hitam

Potensi Wisata Morotai Maluku
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Maluku – Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Morotai di Maluku Utara punya keunggulan pada keindahan pantai dan bawah laut. Keindahannya tak kalah dengan Bali, Labuan Bajo, Raja Ampat, dan Lombok. Bahkan saking indahnya, Morotai disebut wisatawan sebagai Maldives-nya Indonesia.

Bank Sumut Promosikan Pariwisata Danau Toba Melalui Pertemuan BPD se-Indonesia

Bagi kamu yang ingin punya pengalaman baru dalam liburan ke pantai, tempat wisata satu ini sangat cocok. Setidaknya ada enam aktivitas seru yang siap memberikan kamu pengalaman tak terlupakan. Apa saja itu? Berikut kami sudah merangkum ulasan menariknya.

1. Jelajah pulau cantik

Paket Promo ke Destinasi Wisata Dunia Bisa Dapat Diskon Rp 12 Juta, Simak!

Pulau Morotai, maluku Utara.

Photo :
  • Istimewa

Jelajah pulau atau island hopping, kegiatan wajib saat kamu liburan di sini. Selain karena pulaunya cantik, setiap pulau punya keunikan sendiri, diantaranya Pulau Kokoya, Pulau Kolorai, Pasir Putih, Pulau Zum-zum dan Pulau Dodola. Dua pulau terakhir ialah pulau yang menjadi daya tarik utama wisatawan hingga sekarang. 

PAN Lebih Utamakan Kadernya Maju di Pilkada 2024

Pulau Dodola sendiri terbagi menjadi dua, yaitu Dodola Besar dan Dodola Kecil. Di mana jarak antara kedua pulau ialah 500 meter dan dipisahkan oleh air laut saat surut. Nah menariknya, jika kamu berjalan dari Dodola Besar ke Dodola Kecil saat air laut surut, kamu akan akan merasakan sensasi "berjalan menyebrangi lautan". 

2. Snorkeling 

Wisata Bahari Morotai

Photo :
  • Antara/Fanny Octavianus

Kegiatan ini juga nggak boleh kamu lewatkan karena Morotai terkenal sebagai pulau dengan wisata lautnya. Sangat disayangkan jika kamu sudah datang jauh-jauh tak melihat keindahannya. Adapun rekomendasi untuk snorkeling adalah Pulau Dodola, Pasir Timbul dan Pulau Kokoya. Dan kabar baiknya, kamu bisa ber-snorkeling ria saat melakukan jelajah pulau.

3. Diving di situs kapal karam dan hiu sirip hitam

Wisata Bahari Morotai

Photo :
  • Antara/Fanny Octavianus

Bukan hanya itu, kamu juga bisa menyelam di situs pesawat tempur berjenis Bristol Beuford, tank, kapal, maupun jeep berjenis Jeep Willys. Semua itu merupakan bekas peninggalan pertempuran pasukan Amerika Serikat dengan Jepang. Untuk melihatnya kamu bisa ke di Wawama Wreck Dive Point yang berada di Desa Wawama di Morotai Selatan. 

Namun, bila kamu ingin menyelam dengan hiu sirip hitam, kamu bisa mengunjungi spot diving Mitita Shark Point di Pulau Mitita. Jangan bayangkan saat menyelam kamu akan menyelam berjarak jauh dengan hiunya. Tidak. Hiu-hiu sirip hitam di Pulau Mitita sudah biasa didatangi oleh penyelam dan dikenal jinak. 

4. Jelajah sejarah di museum Perang Dunia II

Potensi Wisata Morotai Maluku

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Kegiatan ini juga tak kalah seru untuk kamu kunjungi. Isinya, banyak foto dan narasi, replika alat perang dan peninggalan sejarah Perang Dunia ke-II yang terjadi pada tahun 1939 – 1945. Wisatawan juga dapat mengunjungi museum mini di Desa Daruba milik Mukhlis Eso yang punya banyak peninggalan Perang Dunia II.

5. Melihat burung-burung langka

Burung langka di Morotai, Maluku Utara.

Photo :
  • Istimewa

Kamu bisa melihat burung endemik yang langka sekaligus indah di Indonesia Timur, terutama Pulau Morotai. Burung Pitta Paok Morotai (Pitta Morotaiensis) adalah salah satu burung yang banyak wisatawan ingin lihat. Keunikan burung ini terletak pada penutup sayap berwarna biru, bagian pinggang berwarna putih dan tepi bulu bagian dalam berwarna biru hijau. 

Selain itu, ada burung lain yang tak kalah indah, yaitu Burung Cikukua Halmahera, Burung Walik kepala kelabu, Burung Perling Mata Merah, Burung Betet Elok, Kakatua Hijau, Burung Nuri Kalung Ungu, Gagak Halmahera, Kapasan Halmahera, Burung Julang Papua dan Burung Elang Alap-Alap Morotai. 

6. Wisata kuliner khas morotai

Penginapan di Pulau Morotai.

Photo :
  • Istimewa

 Beberapa kuliner khas Morotai yang layak kamu coba, antara lain gohu ikan, sebuah hidangan pedas hasil olahan ikan cakalang yang dipotong seukuran dadu dibumbui tumisan bawang dan cabai. Selain itu ada nasi jaha yang terbuat dari beras dicampur santan kelapa, lalu dibalut daun dan dibakar dalam bumbu.

Kemudian ada papeda yang merupakan hasil olahan sagu. Namun, papade harus disantap dengan kuah ikan agar tidak lengket atau juga bisa disantap dengan pisang dan sambal kacang. Sementara minuman khas yang perlu kamu cicipi adalah air guraka. Ini adalah minuman tradisional masyarakat Morotai.

Untuk mencoba gohu ikan dan nasi jaha, kamu bisa mendapatkannya di berbagai tempat makan di Kota Daruba, atau juga bisa ditemui di restoran tempat kamu menginap. Salah satu penginapan yang menyediakan makanan khas kuliner ialah Daloha Beach and Dive Resort. penginapan yang dikembangkan oleh Jababeka Morotai ini menyediakan berbagai menu makanan mulai dari menu tradisional, internasional hingga kuliner khas Morotai.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya