Ajak Si Kecil Main ke Luar Ruangan Picu Percaya Diri jadi Meningkat

Bermain dengan orangtua.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Pentingnya bermain di luar ruangan untuk anak-anak, memberi ragam manfaat. Salah satunya, bisa meningkatkan kemampuan anak dalam bersosialisasi hingga mengasah kepercayaan dirinya sejak dini.

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

Bermain di luar ruangan membuat anak bisa bertemu dengan banyak orang. Hal ini juga bisa membuat anak mampu berkomunikasi dengan baik.

"Dengan bertemu banyak orang yang latar belakangnya beragam, anak lebih terbuka untuk berteman dan komunikasi dengan siapa saja. Saat anak mudah bersosialisasi itu, buat anak lebih percaya diri," ujar Spesialis Anak Konsultan Tumbuh Kembang RSPI, dr Catharine Sambo Sp.A(K) di kawasan Senopati, Jakarta, Kamis, 20 Juni 2019.

Tragedi DBD, Kisah Meninggalnya Seorang Anak di Lampung

Selain itu, bermain di luar ruangan juga dapat mengasah kemampuan anak secara fisik dengan banyak bergerak. Catharine menambahkan, aktivitas fisik ini dapat mencukupi kebutuhan anak dalam proses tumbuh dan berkembang.

"Dengan banyak bermain, anak akan merasa lelah dan akan tidur lebih nyenyak. Di saat tidurnya lelap sekali, mampu membuat growth hormone keluar sehingga kemampuan tumbuhnya maksimal," jelasnya.

Ustaz Khalid Basalamah: Orangtua Gak Wajib Kasih Nafkah ke Anak Laki-laki Jika Sudah Baliqh

Bahkan, bermain di luar ini bisa menjadi wadah anak mengasah kreativitasnya serta terampil dalam mengatasi sebuah masalah yang dihadapinya di kemudian hari. Sebab, anak bisa lebih peka terhadap lingkungan di sekitarnya.

"Anak dapat pengalaman indrawi dari luar ruangan seperti tahu kucing asli seperti apa, sangat berbeda dari gambar. Anak juga bisa lebih tenang dan berpikir positif. Makanya, butuh waktu setidaknya 60 menit untuk anak usia 2 tahun bermain di luar," paparnya.

Sosok mayat bayi baru lahir ditemukan mengambang di Kali Kanal Banjir Barat, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus) oleh petugas saat sedang menjaring sampah di kali.

Kasus Temuan Mayat Bayi Tanah Abang, Polisi Tangkap Orang Tua

Sosok mayat bayi baru lahir ditemukan mengambang di Kali Kanal Banjir Barat, Kebon Melati, Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus).

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.