5 Subsektor Industri Kreatif Ini Dikembangkan Politeknik Negeri Jakarta

Mahasiswa TGP ikut serta dalam pengembangan potensi wisata Pulo Geulis Bogor dengan membuat buku potensi wisata dalam bentuk infografis. Mahasiswa TGP berfoto dengan Ketua Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan Dra. Wiwi Prastiwinarti, M.M., beserta buku h
Sumber :
  • vstory

VIVA – Industri kreatif merupakan sebuah kegiatan yang memanfaatkan ilmu, keterampilan, dan kreativitas dari individu untuk menciptakan kesejahteraan dan lapangan pekerjaan. Bicara soal kreativitas dan industri kreatif, ternyata kreativitas bukan hanya bicara tentang karya seni, melainkan berasal dari ilmu pengetahuan, teknologi, inovasi dan teknologi informasi.

Dongkrak Industri Kreatif, Sandiaga Uno Dorong Sinergi Pemerintah dan Pelaku Usaha

Saat ini, pemerintah sedang mendorong perkembangan industri kreatif di Indonesia dengan terus-menerus memberikan kebijakan mengingat pentingnya industri kreatif dalam kontribusinya untuk  pertumbuhan perekonomian.

Sementara itu, industri kreatif akhir-akhir ini sedang ramai diperbincangkan karena di tahun 2020 Indonesia akan memiliki bonus demografi. Yaitu banyaknya anak muda yang mulai melakukan kegiatan yang didasari dengan kreativitas.

Kemenparekraf Dukung Penuh Karya Anak Bangsa Platform Komik Digital Comicone.id

Seperti Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) yang turut menyiapkan cikal bakal mahasiswa untuk mendongkrak industri kreatif di Indonesia dengan adanya Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan (TGP). Berikut subsektor industri kreatif yang dikembangankan di TGP.

1. Penerbitan

Dwidayatour Dukung Gekrafs dengan Fasilitas Perjalanan, Wujudkan Agenda Kreatif

Jurusan Teknik Grafika dan Penerbitan PNJ memiliki program studi D-3 Penerbitan (Jurnalistik). Di sana mahasiswa diajarikan berbagai hal mengenai penerbitan seperti penerbitan buku, majalah, tabloid, pamphlet, dan surat kabar dalam bentuk cetak maupun digital. Penerbitan sendiri memiliki bagian penting dalam industri kreatif, mengingat penerbitan dapat mendukung berkembangnya intelektual bangsa.

2. Periklanan

Setelah belajar mengenai penerbitan dan menghasilkan karya-karya kreatif, di TGP mahasiswa juga diajarkan bagaimana cara memasarkan hasil karya tersebut melalui teknologi yang sedang berkembang, seperti melalui media sosial, pamphlet digital, hingga mengembangkan jasa pengiklanan produk kreatif dengan mengadakan pameran.

3. Desain Grafis

TGP juga memiliki program studi khusus di bidang Desain Grafis. Dalam kegiatannya, TGP menyiapkan desainer-desainer yang mampu berkompetisi di bidang industri kreatif dan digital melalui pembelajaran berbagai elemen-elemen visual. Dengan desain grafis lah, ide dan informasi bisa disampaikan seefektif mungkin melalui gambar maupun karya-karya lainnya.

4. Desain produk

Dalam menyiapkan industri kreatif di subsektor desain produk, TGP memiliki program studi Teknik Grafika dan Teknik Industri Cetak Kemasan. Program studi tersebutlah yang fokus dalam menghasilkan sebuah produk yang menggabungkan unsur fungsi dan estetika sehingga bermanfaat dan memiliki nilai tambah bagi masyarakat.

5. Fotografi

Terakhir, ada fotografi. Kemajuan teknologi yang berkembang pesat ternyata cukup menarik masyarakat yang antusias untuk belajar fotografi. Tak sedikit pula dari mereka yang memeutuskan untuk terjun ke dunia profesional. TGP juga memberikan pemahaman di bidang fotografi melalui mata kuliah di hampir setiap program studi.

Masih banyak sebenarnya sektor-sektor industri yang dikembangkan Politeknik Negeri Jakarta demi mempersiapkan penerus bangsa yang mampu mengembangkan perekonomian Indonesia. Selain TGP, ada berbagai macam sektor yang juga difokuskan oleh jurusan lain seperti subsektor aplikasi dan pengembangan permainan, animasi, dan kuliner. Politeknik Negeri Jakarta juga turut mendukung UKM untuk mengembangkan subsektor yang lain.

(Penulis: Nurnafisah, Mahasiswa Program Studi D-3 Penerbitan (Jurnalistik), Jurusan Teknik Grafika dan Penerbita, Politeknik Negeri Jakarta)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.