Begini Cara Ampuh Atasi Bosan saat Puasa di Tengah Pandemi

Membaca Alquran saat puasa Ramadhan. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA – Puasa tahun ini memang rasanya masih sama dengan tahun sebelumnya di mana kita masih berada di tengah pandemi Covid-19. Meskipun sudah menjalani fase new normal, tetap saja berbagai aktivitas masih dilakukan dengan terbatas sehingga besar kemungkinan puasa kali ini terasa sangat membosankan.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Eits tapi kamu gak perlu sedih, karena kali ini zeropromosi punya tips ampuh untuk mengatasi rasa bosan saat berpuasa di tengah pandemi. Biar ga boring dan puasanya lancar, yuk simak tipsnya di artikel berikut ini!

1. Membaca

Puasa Selesai, Saatnya Panaskan Ranjang dengan Gaya Baru Ini!

Emang ya kalo lagi puasa itu bawaanya pengen tidur terus, guling sana guling sini. Tapi kok kayaknya bosen juga ya di kasur terus. Kalo sobat zero pernah ngerasain hal kayak gini, lebih baik kamu manfaatkan waktu luang kamu di bulan Ramadhan untuk melakukan hal-hal yang positif seperti misalnya membaca.

Eits jangan salah, membaca emang terkadang bikin bosan, tapi kalo kamu baca hal yang kamu sukai dijamin deh puasa kamu malah jadi tambah seru. Banyak kok buku yang bisa dibaca, bukan hanya dari buku kamu juga bisa baca cerita atau kisah kisah sejarah dari smartphone dan gadget kamu.

Haram Hukumnya Berpuasa pada Hari Raya Idul Fitri, Ini Penjelasannya

Selain bisa mengisi waktu luang kamu, kamu juga jadi bisa nambah ilmu dan wawasan. Lagian nih ya, kalo puasa cuma dihabiskan untuk goleran di kamar mah jadi cepet bosen dan cepet lapar.

Makanya coba deh habisin waktu untuk membaca, entah itu buku cerita, novel kesukaan, majalah atau kalo bisa sih baca Alquran. Di bulan Ramadhan gini pahala kita saat melakukan kebaikan terutama membaca Alquran itu berlipat-lipat loh sobat. Jika biasanya hanya dapat 1 pahala setiap 1 huruf, di bulan Ramadhan ini kamu bisa dapat 10 pahala untuk setiap huruf dalam Alquran. Kurang nikmat apalagi coba tuh, yuk perbanyak baca Alquran di bulan Ramadhan.

2. Mendengarkan Musik

Cara lain untuk mengatasi kebosanan kamu saat puasa adalah kamu bisa mencoba untuk mendengarkan musik dari banyak platform online. Musik-musik saat ini banyak kok yang enak didenger dan ga bikin bosan, jadi pas banget buat nemenin hari-hari kamu saat berpuasa.

Kalo puasa emang bawaannya lemes sih, tapi kalo ada music dijamin kamu jadi lebih semangat dan gak kerasa tau-tau udah mau adzan maghrib deh. Buat kamu yang suka banget dengerin musik juga bisa coba untuk cover lagu biar ga bosan pas lagi puasa. Walaupun ga diupload, nyanyi itu bikin hati jadi happy loh. Yaa asalkan jangan dengerin lagu yang galau aja haha.

3. Olahraga Ringan

Biarpun lagi puasa, olahraga harus tetap jalan ya sobat. Karena olahraga itu adalah kegiatan penting yang bisa membuat tubuh jadi lebih sehat dan bugar. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat seperti hari biasa, kamu cukup melakukan olahraga ringan di rumah agar tubuh lebih fit dan ga ada rasa bosan.

Banyak kok jenis olahraga ringan yang bisa kamu coba, mulai dari yoga, jalan santai, sit up, push up dan masih banyak lagi. Bukan hanya itu, pekerjaan rumah seperti nyapu, ngepel, mencuci baju ataupun kendaraan juga bis amenjadi olahraga ringan loh. Yang penting uahakan kamu banyak gerak ya saat puasa, karena kalo ga banyak gerak tubuh malah jadi cepet capek dan akhirnya puasanya ga semangat deh.

4. Cari Hobi Baru

Kalo lagi puasa apalagi dirumah terus emang bikin cepet bosan, tapi kamu bisa atasi rasa bosan itu dengan cara melakukan hal yang kamu sukai dan melakukan hal baru. Banyak loh kegiatan yang tak terduga ternyata bisa menjadi hobi baru untuk mengisi waktu luang.

Bukan hanya saat berpuasa tapi juga di hari biasa. Melakukan hal baru yang mungkin selama ini belum pernah kita coba itu bisa menjadi tantangan tersendiri loh. Kalo udah ada tantangan tuh rasa pasti seru banget deh, apalagi kalo dari hobi baru kamu ini bisa memunculkan target baru untuk dirimu. Misal seperti menulis untuk membuat blog, membuat vlog untuk konten, belajar musik dan banyak lagi. Siapa tau aja hobi baru kamu ini bisa dikembangkan menjadi sebuah karya.

5. Seru-seruan Bareng Lewat Online
Siapa bilang pandemi gini bikin kita ga bisa berinteraksi dengan yang lain, di zaman yang udah canggih ini justru bisa membantu kamu untuk lebih mudah berinteraksi dengan banyak orang.

Adanya smartphone dan media sosial itu udah paket lengkap, karena lewat media sosial dan smartphone kamu bisa bertemu dengan banyak orang kapanpun dan dimanapun. Kamu bisa chattingan, telfonan bahkan video call bareng temen-temen kamu. Biar makin seru, kamu juga bisa video call pas waktunya mau berbuka puasa. Jadi biarpun jauh rasanya tetep deket dan bisa buka bersama.

6. Nonton Film

Nah buat kamu yang ga suka baca dan beraktivitas banyak, tenang aja kamu juga bisa ilangin rasa bosan pas puasa dirumah dengan menonton film. Tapi jangan sembarangan nonton film ya, pilihlah film yang mengandung nilai-nilai positif dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Udah banyak kok film Indonesia yang bagus dan bisa memotivasi seperti film 5 menara, Kartini, Mimpi Sejuta Dolar, Laskar pelangi dan masih banyak lagi.

7. Cari Referensi dan Masak Menu Baru Untuk Buka Puasa

Diera digital seperti sekarang ini emang udah enak banget deh kalo mau ngapa-ngapain, mulai dari komunikasi sama temen sampe cari informasi terbaru. Nah buat kamu yang hobi masak dan melakukan hal baru, kamu bisa coba untuk cari referensi menu makanan untuk berbuka puasa nanti.

Dengan sosial media kamu bisa dengan mudah menemukan resep menu baru yang bisa kamu coba buat untuk buka puasa nanti. Jadi sambil nunggu berbuka kamu bisa coba masak dan gada lagi deh tuh rasa bosan.

Nah, sobat zeropromosi itulah beberapa tips untuk mengatasi rasa bosan saat puasa di tengah pandemi. Meskipun sedang berpuasa apalagi di tengah pandemi gini bukan jadi alasan untuk kamu bermalas-malasan ya sobat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.