Pemerintah Tidak Bisa Berjuang Sendiri Lawan Wabah Virus Corona COVID-19

Presiden Jokowi.
Sumber :
  • vstory

VIVA - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta peran serta masyarakat untuk mempercepat penanganan wabah virus corona.

Pemkot Tangsel Raih Opini WTP 12 Kali Berturut, Benyamin: Kami Selalu Bertekad Pertahankannya

Caranya yakni dengan menerapkan social distancing, tidak panic buying, patuh mengikuti instruksi dan protokol pemerintah terkait pencegahan corona.

"Pemerintah tidak tinggal diam, namun pemerintah tidak bisa berjuang sendiri melawan wabah ini," ujar Sri Mulyani di akun Instagram pribadinya @smindrawati, Senin (23/3/2020).

Pemkab OKU Timur Sabet Opini WTP ke-12, Bupati Lanosin: Alhamdulillah

"Setiap langkah kecil yang dilakukan masyarakat untuk menerapkan social distancing, tidak panic buying, patuh mengikuti instruksi dan protokol pemerintah, itu menjadi sangat berarti untuk percepatan penanganan wabah ini," sambungnya.

Tak hanya itu, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu juga berpesan kepada seluruh jajaran di Kementerian Keuangan untuk terus meningkatkan semangat bekerja meski tengah menghadapi situasi yang luar biasa di tengah pandemik virus corona (covid-19).

Amicus Curiae Cuma Terakhir untuk Bentuk Opini dan Pengaruhi Hakim MK, Menurut Pengamat

Bagaimana dengan prospek ekonomi Indonesia ke depan?

1. Bayangkan Republik Indonesia itu pesawat Hercules. Dia terbang karena ada daya angkat efek Bernoulli.

Sedangkan ekonomi Amerika, Jepang, Inggris, Hongkong itu seperti Airbus, pesawat gede banget.

Pada waktu mereka terbang ketemu Awan kumulonimbus mereka ya anjlok turun. Jadi lebih beresiko, mereka harus terbang terus ke atas lebih dari 35.000 kaki.

2. Bagaimana Awan kumulonimbus merontokkan NY stock exchange? Iyalah, mereka kriscon krisis corona virus Covid-19.

Mereka lock down karena mobilitas masyarakat sudah sangat tinggi mau tak mau negara maju melakukan lockdown.

Di Amerika lockdown darurat sipil ditangani oleh tentara army di negara bagian Washington California dan New York.

Karena pesawat besar Airbus bisa manuver turun ke ketinggian lebih rendah menghindari Awan kumulonimbus.

3. Prinsip pesawat RI ini adalah selama fuel bahan bakar disupply utang LN sebatas 30% maka ekonomi aman. Begitu mesin mati sebelah gara gara Kriscon, maka ekonomi bisa stall atau kehilangan daya angkat Bernoulli. Persis kejadian di Nurtanio pesawatnya jatuh saat percobaan terbang.

Pemerintah tidak bisa berjuang sendiri melawan wabah ini

Jadi apa maksudnya Sri Mulyani itu? Artinya seluruh masyarakat industri, produksi, konsumsi, investasi, bisnis harus jalan terus.

Sentra-sentra pertumbuhan strategis harus terus jalan. Hal hal yang menghambat investasi seperti zaman Anies pulau reklamasi harus dilakukan terobosan. Korban Agung Podomoro di proyek Pulau Reklamasi seperti ini menyebabkan pesawat RI stall kehilangan daya dorong Bernoulli.

Jokowi harus mendorong terus proyek Alam Sutra, Lavon, Swarna sutra, proyek kota Citra Maja, Bumi serpong damai dll harus terus jalan.

Entah dibuat momentum peraturan pemerintah zonasi perkantoran baru harus di pinggiran luar DKI, dll.  (Ir. Goenardjoadi Goenawan, MM, Alumni IPB Teknologi Pangan, dan Magister Manajemen Universitas Indonesia lulus 1989)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.