Sistem Informasi Penting bagi Bisnis dan Organisasi

Sistem Informasi bagi bisnis
Sumber :
  • vstory

VIVA – Sistem Informasi Manajemen tidak asing lagi bagi seorang yang terlibat dalam mengelola suatu bisnis. Sistem Informasi juga menjadi sangat penting dalam membantu jalannya perusahaan dalam ekonomi global.

Pemkot Tangsel Raih Opini WTP 12 Kali Berturut, Benyamin: Kami Selalu Bertekad Pertahankannya

Manajemen dalam suatu organisasi berperan sebagai sebuah proses yang dapat digunakan untuk mengatur dan mengelola sesuatu agar dapat mencapai tujuan yang diinginkan dengan memanfaatkan segala sumber daya yang tersedia.

Perkembangan teknologi dan informasi di era globalisasi berkembang sangat cepat. Perkembangan teknologi dan informasi yang begitu cepat, membuat persaingan didunia bisnis menjadi semakin sengit.

Pemkab OKU Timur Sabet Opini WTP ke-12, Bupati Lanosin: Alhamdulillah

Salah satu strategi yang digunakan agar bisnis dalam persaingan ekonomi tetap bertahan yaitu teknologi informasi. Teknologi informasi berfungsi sebagai  alat untuk memasarkan atau memberikan informasi tentang usahanya kepada semua orang baik nasional hingga internasional.

Menurut pendapat James O’Brien, sistem informasi manajemen merupakan suatu kombinasi dari setiap unit yang dikelola oleh user atau pengguna, hardware, software, jaringan komputer serta jaringan komunikasi data, dan juga database yang mengumpulkan, mengubah, sekaligus menyebarkan informasi mengenai sebuah organisasi.

Amicus Curiae Cuma Terakhir untuk Bentuk Opini dan Pengaruhi Hakim MK, Menurut Pengamat

Menurut pendapat Nash dan Robert, sistem informasi manajemen merupakan suatu kombinasi dari user atau orang, teknologi, media, prosedur, serta juga pengendalian yang mempunyai tujuan tertentu.

Tujuannya ialah guna memperoleh jalur komunikasi, memproses tipe transaksi, serta untuk memberi sinyal kepada manajemen kepada kejadian di internal suatu organisasi atau perusahaan.

Dari definisi diatas dapat disimpulkan bahwa sistem informasi manajemen merupakan sistem yang berfungsi untuk mempermudah perencanaan yang ada di dalam perusahaan guna mendapat informasi dalam mengambil sebuah keputusan.

Hasil yang diperoleh dari sistem informasi manajemen menjadi bahan pertimbangan dalam mengambil sebuah keputusan di sebuah perusahaan. Dengan menggunakan sistem informasi manajemen, berbagai jenis pekerjaan yang berkaitan dengan analisis manajemen dapat diselesaikan dengan cepat.

Kegiatan sistem informasi manajemen mendukung proses bisnis dalam sebuah perusahaan serta memiliki peran penting dalam kelangsungan perusahaan. Sehingga perusahaan harus memiliki suatu komitmen dalam menjalankan sistem informasi manajemen.

Hal ini bertujuan agar berbagai proses yang ada di perusahaan termasuk produksi dapat berjalan dengan baik dan mampu memberikan keuntungan.

Tujuan sistem informasi manajemen :

1.      Untuk menyediakan suatu informasi yang dipergunakan di dalam suatu perhitungan harga pokok produk, jasa, dan tujuan lainnya yang diinginkan oleh manajemen

2.      Untuk menyediakan suatu informasi dalam pengambilan suatu keputusan

3.      Untuk menyediakan suatu informasi yang digunakan didalam suatu perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan juga perbaikan berkelanjutan.

Sistem informasi manajemen sudah seharusnya diterapkan dalam suatu perusahaan. Karena penerapan sistem informasi manajemen akan memberikan banyak manfaat bagi perusahaan. Manfaat sistem informasi manajemen bagi kegiatan bisnis :

1.      Data diolah secara otomatis sehingga membatu tugas manajemen agar lebih efektif dan efisien.

2.      Memudahkan koordinasi antar perusahaan untuk bertukar informasi

3.      Sumber daya manusia menjadi meningkat

4.      Dapat mengurangi biaya operasional

Dengan menggunakan sistem informasi manajemen, kegiatan bisnis menjadi lebih mudah menganalisa kinerja dari tahun ke tahun, serta dapat membuat perusahaan menjadi lebih baik.

Karena pada saat ini persaingan di dunia bisnis sangat pesat sehingga perusahaan diharapkan dapat menjalankan sistem informasi manajemen dengan baik pada perusahaan sebagai alat untuk bersaing. (Levanna Kurnia Dewi, Mahasiswa Manajemen Internasional, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.