Peran Modal Sosial dalam Pencegahan Covid-19

Peran Modal Sosial dalam Pencegahan Covid-19.
Peran Modal Sosial dalam Pencegahan Covid-19.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Pandemi Covid-19 yang tak kunjung selesai menciptakan banyak keresahan di masyarakat. Pro dan kontra terhadap adanya Covid-19 pun sampai sekarang masih menjadi perbincangan. Oleh sebab itu, dalam kondisi seperti ini diperlukan kerjasama antar berbagai pihak untuk menghadapi kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi kedepan dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Dalam pemenuhan upaya-upaya pencegahan maupun penekanan terhadap penyebaran Covid-19 diperlukan modal sosial untuk menciptakan sinergi antar masyarakat maupun dengan pemerintah. Beberapa modal sosial yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut:

Interaksi sosial

Interakai sosial dapat terwujud melalui jaringan sosial. Jaringan sosial merupakan hubungan sosial secara konsisten yang menciptakan rasa persaudaraan, kekeluargaan maupun kekerabatan. Dalam upaya pencegahan Covid-19 interaksi sosial dapat dilihat dari bagaimana dalam kelompok sosial, individu satu dengan yang lainnya saling menjaga dan saling tolong menolong.

Solidaritas

Solidaritas merupakan sebuah sikap yang saling gotong royong menjunjung tinggi kebersamaan untuk mencapai tujuan bersama. Dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 sebuah kelompok sosial sudah seharusnya membantu satu sama lain. Hal ini dapat diwujudkan dengan membantu tetangga yang terpapar covid dengan menyiapkan kebutuhan-kebutuhan yang diperlukan selama isolasi mandiri.

Sikap saling percaya

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.