Inovasi Kesehatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat

Ilustrasi Sehat (Dok. Pribadi)
Ilustrasi Sehat (Dok. Pribadi)
Sumber :
  • vstory

VIVA – Selain bidang pendidikan, kesehatan sangat berperan penting. Kesehatan menurut Organisasi  Kesehatan dapat disimpulkan bahwa kondisi suatu keadaan sejahtera baik badan, jiwa serta sosial yang menyeimbangkan setiap orang untuk tetap hidup produktif secara sosial dan ekonomis.

Bahwasannya saat ini Indonesia mengalami triple burden dalam bidang kesehatan, masalah kesehatan ini khususnya tiga masalah kesehatan yaitu penyakit menular yang semakin tinggi, penyakit tidak menular yang juga semakin meningkat, dan prevalensi penyakit yang terdahulu muncul kembali sudah teratasi pencegahannya.

Munculnya berbagai penyakit ini kembali lagi karena gaya hidup masyarakat yang sangat berpenagruh, produktivitas masyarakat yang pola hidupnya kurang sehat ini memicu munculnya penyakit semakin hari semakin meningkat, Sehingga mengakibatkan gangguan penyakit di masyarakat dan menyebabkan kenaikan angka kematian meningkat akibat gaya hidup yang kurang sehat. Membuat  gangguan penyakit meningkat.

Pemerintah daerah serta masyarakat berupaya saling melakukan pencegahan pengendalian dan penanganan PTM yang dilakukan pemerintah melalui upaya promotif, preventif, dan rehabilitatif. Upaya ini merupakan salah satu Gerakan Masyarakat hidup Sehat (GERMAS), sebuah upaya gerakan masyarakat untuk secara sistematis dan terencana, saling bergotong royong untuk melakukan kesadaran dan kemauan serta kemampuan untuk berperilaku sehat. Ha itu dilakukan dalam menumbuhkan serta mensinergikan upaya promotif dan preventif masyarakat untuk hidup sehat ( Instruksi Presiden pada Nomor 1 Tahun 2017 dan UU Nomor 36 Tahun 2009 pasal 158-161)

Kembali lagi ke permasalahan perilaku hidup masyarakat yang kurang sehat, Pemerintah yaitu Program GERMAS ini telah didukung oleh kebijakan Presiden dalam peraturan instruksi Presiden Dengan sebuah harapan GERMAS adalah sebuah upaya untuk menurunkan angka kematian dan kesakitan yang disebabkan karena perilaku masyarakat yang tidak sehat .

Yang sudah dibahas sebelumnya bahwa kebijakan kesehatan itu sendiri adalah sebuah upaya kegiatan aksi yang nyata harus dilaksanakan untuk mencapai sebuah keberhasilan di masyarakat serta lingkungannya.

Bentuk dukungan secara nyata Kementerian untuk mewujudkan serta menyukseskan program GERMAS yaitu di antaranya saling membuat perencanaan dan perancangan program infrastruktur berbasis masyarakat di semua wilayah yang berfokus dengan pembangunan serta akses air minum yang bersih, sanitasi dan pemukiman yang layak huni serta penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Halaman Selanjutnya
img_title
Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.