81 Makam yang Dibongkar Dibayar Rp2,5 Juta Per Lubang

Lahan Pemakaman di DKI Akan Ditambah
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Sosok Epy Kusnandar, Aktor Multitalenta yang Terjerat Kasus Narkoba
- Pihak kepolisian setempat telah mengamankan tiga orang tersangka yang membongkar makam di TPU Cihuni, Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten. Diketahui, setiap makam yang dibongkar itu dihargai jutaan rupiah.

12 Konter Fast Track Imigrasi Arab Saudi Siap Layani Keberangkatan Jemaah Haji di Bandara Soetta

"Makam yang dibongkar itu dipindahkan ke Desa Cihuni dan atas persetujuan ahli waris per lubang dihargai Rp2,5 juta," ujar Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Senin 3 Februari 2014.
Gak Ada Takutnya, Maling Curi Mobil Dinas Brimob Polda Papua saat Parkir di Bandara Sentani


Menurut dia, pembongkaran itu dilakukan oleh Irsyad (40) dan Durat (55) atas perintah lisan dari Sobri (40). Mereka yang membongkar makam itu pun juga diberi upah sebesar Rp250 ribu per lubang.


Sobri dalam kasus ini bertindak sebagau perantara atau penghubung ahli waris dan dia hanya menerima komisi dari penghubung itu. Diduga makam itu dibongkar lantaran akan dibangun perumahan elit di kawasan itu.

 

"Namun dari hasil penyidikan, baru diketahui 16 makam yang digali (dipindahkan ke dekat kantor Desa Cihuni)," kata Rikwanto.


Hingga saat ini, warga dan pihak kepolisian masih mencari sisa jenazah yang hilang, meski sebagian ahli waris memang sudah mendapat ganti rugi dari pengembang.


Sebelumnya, Said, Ketua RT setempat mengatakan beberapa waktu lalu ada warga yang ditawari ganti rugi pemindahan makam, namun mereka menolaknya. "Tahunya mereka sudah memindahkan sendiri," kata Said.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya