Voltase Turun, Lampu Landasan Pacu Bandara Halim Sempat Mati

Bandara Halim Akan Dibuka Untuk Umum
Sumber :
  • ANTARAFOTO/Agung Rajasa

VIVA – Lalu lintas penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta dilaporkan terganggu gara-gara lampu landasan pacu di bandara itu sempat padam atau mati pada Senin malam. Penyebabnya ialah penurunan voltase atau tegangan listrik di kompleks Bandara.

Tabrakan Pesawat di Bandara Haneda Tokyo, Pesawat Penjaga Pantai Sebenarnya Tak Diizinkan Mendarat

Peristiwa ini terjadi sekira pukul 19.30 WIB. Operasional Bandara sempat terganggu beberapa jam sehingga sejumlah pesawat dengan tujuan bandara itu dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten.

“(penyebabnya) Penurunan intensitas (voltase) listrik (sehingga) membuat lampu runway meredup,” kata Executive General Manager Bandara Halim Perdanakusuma, A Rasyid Jauhari, dalam perbincangan dengan tvOne pada Selasa pagi, 31 Oktober 2017.

Pesawat Japan Airlines Terbakar Bandara Haneda, 112 Penerbangan Domestik Jepang Dibatalkan

Rasyid mencatat 11 penerbangan dari Bandara Halim tertunda selama situasi belum normal. Lalu lintas penerbangan dilaporkan kembali pulih pada Selasa dini hari pukul 01.30 WIB. Namun, hingga Selasa pagi, ada beberapa pesawat yang masih tertahan belum diberangkatkan di Bandara Soekarno-Hatta.

Dia mengklaim lalu lintas penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma sudah normal sejak pukul lima pagi. Meski demikian, petugas masih memperbaiki beberapa lampu landasan pacu yang mati gara-gara insiden malam tadi.

Jalan Tol dan Arteri Primer di IKN Nusantara Bisa Jadi Runway Pesawat

Otoritas Bandara sudah menanggung kerugian penumpang pesawat yang terganggu akibat peristiwa itu dengan mengganti uang pembelian tiket. “Ada juga yang mengalihkan penerbangan,” kata Rasyid. (one)

Presiden Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato, Gorontalo

Terbang Pakai ATR Resmikan Bandara Pohuwato, Jokowi Minta Runway-nya Dipanjangin Lagi

Jokowi menilai eksistensi bandara sangat penting untuk bersaing dengan negara lain agar kecepatan mobilitas orang dan logistik lebih baik lagi.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024