Kompol Arafat Ubah Keterangan di Persidangan

Kompol Arafat Enanie.
Sumber :
  • ANTARA/ Reno Esnir

VIVAnews - Terdakwa kasus mafia hukum perkara Gayus Tambunan, Kompol Arafat, mengubah keterangan telah menerima Rp 100 juta dari Robertus Santonius.

Ia mengatakan uang yang diduga sebagai imbalan untuk mengubah status Robertus dari tersangka sebagai saksi itu tidak diterimanya seperti yang tertuang dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) miliknya. Tetapi, diterima Direktur Ekonomi Khusus Bareskrim Polri yang saat itu dijabat Brigjen Edmon Ilyas.

Arafat menambahkan, Robertus juga sudah membuat BAP yang menyatakan tidak memberikan uang padanya. "BAP ketiga, Robertus tidak memberikan kepada saya, tapi ke Pak Edmon dan Pambudi. Perubahan itu ada tapi tidak dimasukkan dalam berkas saya," kata Arafat dalam keterangannya sebagai saksi persidangan atas terdakwa Ajun Komisaris Polisi Sri Sumartini, Selasa, 3 Agustus 2010.

Namun demikian, Arafat tidak secara eksplisit mengatakan telah mencabut keterangannya di BAP atau tidak. "Yang benar disini bapak hakim," ujarnya. "Saya katakan dalam hati saya, akan katakan sebenarnya di muka persidangan, saya mohon yang dimuka persidangan ini yang diambil untuk keterangan yang sebenar-benarnya."

Kesaksian Arafat yang berbeda dengan BAP, tapi tidak tegas menyatakan mencabut keterangan terdahulu, membuat jaksa naik pitam. Jaksa meminta hakim mengingatkan Arafat ada konsekuensi hukumnya.

"Saya tahu, saya seorang polisi, saya tahu konsekuensinya," kata Arafat. "Nggak usah ditakut-takui saya sudah di dalam penjara ini. Kalau saya dipenjara, itu keterangan saya. Kalau mau fair, tunjukkan saksi lain saya terima uang," ujarnya.

Arafat menjelaskan, selama pemeriksaan oleh penyidik Tim Independen Mabes, Tim Propam, dan Provost, suasana batin yang membuatnya harus menyampaikan keterangan sebagaimana tertuang di BAP.

"Berarti Anda tertekan?" Jaksa mencecar. "Di bawah tekanan berupa fisik bisa kita buktikan di CCTV, itu tidak ada, malah saya ketawa-ketawa, tapi suasana kebatinan saat itu membuat saya harus menyatakan demikian (keterangan di BAP)," ujar Arafat. (umi)

Hasil Liga 1: Tampil Ngotot dari Awal, PSIS Semarang Gilas Persikabo 1973
Fitri Carlina dan Rafael Struick

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Saking bahagianya, Fitri Carlina sampai terlihat menundukan kepala dan menangis bahagia atas kemenangan Timnas Indonesia saat melawan Korea Selatan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024