Tiga Bulan Sebelum Lebaran, Tiket Mudik KA Ludes

Stasiun Gambir
Sumber :
  • VIVAnews/Ananda Putri Laras

VIVAnews - Hari Raya Idul Fitri masih tiga bulan lagi, namun tiket untuk mudik dengan kereta api hingga H-1 Lebaran, sudah habis terjual.

Geger Warga Tangsel Temukan Mayat Pria Terbungkus Sarung, Polisi: Korban Diduga Dibunuh

"Untuk tiket keberangkatan kereta api dari Gambir memang sudah habis ya. Kami buka penjualan dari H-90 Idul Fitri dan sekarang habis semua," tutur Danan Jaya, Wakil Kepala Stasiun Gambir, saat ditemui VIVAnews, Senin 28 April 2014.

Menurut Danar, jumlah total keseluruhan tiket kereta api mudik yang terjual mencapai lebih dari 40.000 tiket. "Untuk keberangkatan dari Gambir terjual 8.000-an tiket per hari dari tanggal 23 April. Kami buka penjualannya hingga 27 April. Berarti, sekitar total 40.000 tiket mudik sudah terjual," ujarnya.

Dia menambahkan, penjualan tiket mudik dengan kereta api di tahun ini 100 persen dilakukan secara online, baik pembelian sendiri di situs-situs web yang ditunjuk PT Kereta Api Indonesia maupun di outlet-outlet penjualan tiket kereta api.

Heru Budi Dinilai Layak Lanjut Jadi Gubernur Jakarta, Angka Kepuasan Publik Capai 60 Persen

"Untuk Lebaran tahun ini kita jual tiket 100 persen online. Jam tujuh, loket tiket di stasiun baru buka, sudah tidak menjual apa-apa," ujar Danar.

Menurut Danar, sistem pembelian tiket kereta api secara online ini memberikan banyak efisiensi baik kepada PT KAI maupun kepada penumpang.

7 Tahun Tutupi Perilaku Andrew Andika, Tengku Dewi: Orang Liatnya Happy Family

"Dengan pembelian online, semua penumpang dijamin dapat duduk. Tidak ada desak-desakan di stasiun. Tinggal bawa identitas dan hasil cetak tiket, penumpang duduk di kursinya. Semuanya sudah mendapatkan tiket, jadi di gerbong, penumpang duduk dengan tertib dan rapi," ujarnya.

Mengenai habisnya tiket kereta api untuk mudik, Danar menyatakan bahwa pihaknya di stasiun Gambir tidak bisa berbuat apa-apa bagi penumpang yang sudah kehabisan tiket. "Alternatifnya mungkin penumpang coba pakai moda transportasi lain," ujarnya.

Namun, menurut Danar, tidak menutup kemungkinan bila PT KAI Akan menyediakan tiket tambahan. "Kita belum tahu ada tambahan, bisa jadi nanti ada tambahan," jelasnya.

Senada dengan Danar, Senior Manager Humas PTKAI Daerah Operasi (DAOP) I, Agus Komarudin, menyatakan bahwa tiket kereta api untuk libur Lebaran sudah habis. "Ya memang benar, tiket Lebaran untuk kereta api reguler memang sudah habis, kurang lebih 40.000 lembar tiket," ujarnya saat dihubungi VIVAnews.

Namun, Agus menuturkan, masyarakat yang belum mendapatkan tiket tidak perlu khawatir. Sebab, pihaknya akan menyediakan beberapa gerbong kereta tambahan untuk mudik.

"Masyarakat tidak perlu khawatir. Di Daops I nanti kita akan menyediakan sekitar 12 rangkaian kereta tambahan. Kurang lebih 15.000-an tiket tambahan akan tersedia nanti," ucapnya.

Hanya saja, Agus belum bisa menentukan kapan pihak PT Kereta Api Indonesia akan mulai melakukan penjualan tiket tambahan itu. "Untuk kereta api tambahan, kita masih berada di tahapan persiapan sarana. Setelah ada tiket yang pasti bisa dijual akan segera kita umumkan melalui media dan pengumuman di stasiun-stasiun," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya