TNI AL Tangkap Kapal Tanker Singapura Penyelundup BBM

Kapal patroli Koarmabar TNI AL. Foto ilustrasi
Sumber :
  • ANTARA/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id – Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) beserta WFQR (Western Fleet Quick Response)-4 unit Jatanrasla (Kejahatan dan Kekerasan Laut) Lantamal IV, berhasil meringkus kapal tanker penyelundup di Dermaga PSB (Port Sekupang Batam), Senin dini hari, 17 Oktober 2016, sekitar pukul 00.15 WIB.

Danlantamal III Lantik Kolonel Widyo Jadi Komandan Lanal Palembang

"Kemarin, kami berhasil menangkap (kapal) motor tanker Zamidah di wilayah perairan dekat Sumatera," kata Panglima Armabar, Laksamana Muda TNI Aan Kurnia, saat jumpa pers di Gedung Aula Koarmabar, Jakarta Pusat.

Aan menyebutkan bahwa kapal berbendera Singapura itu ditangkap karena diduga menyelundupkan bahan bakar (BBM) ke Malaysia. Bahan bakar tersebut diduga mempunyai nilai ekonomis tinggi.

HP Pasukan Hantu Laut Marinir Mendadak Dirazia Intel TNI

"Modusnya adalah membawa bahan bakar 400 ton yang akan dibawa ke Malaysia, tapi seluruh krunya berkebangsaan Indonesia," ujar Aan.

Ia berharap, kasus-kasus penyelundupan kapal ini dapat diproses hukum hingga ke pengadilan, sehingga ada efek jera dan mendapat kepastian hukum. "Dan tentu saja, ini akan masuk kas negara," terang jenderal bintang dua TNI Angkatan Laut ini.

Keren, Ranpur Marinir Disulap Jadi Mobil Pintar di Papua


Laporan: Afra Augesti/Jakarta

Kapal super tanker Iran-Kamerun dipergoki Bakamla transhipment di Laut Natuna

Kapal Tanker Iran Kelabui Radar Bakamla, Anies Tak Mau Cawe-cawe soal JIS

Dari kapal tanker Iran hingga JIS. Simak 5 berita terpopuler di laman news VIVA sepanjang Rabu, 12/7 dalam round up berikut ini:

img_title
VIVA.co.id
13 Juli 2023