50 Persen Dana Pembangunan Puskesmas di Garut dari Rokok

Ilustrasi/Kegiatan Produksi Rokok
Sumber :

VIVA.co.id – Bupati Garut, Rudy Gunawan, mengungkapkan 50 persen pendanaan pembangunan pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) di daerah itu dibiayai oleh pajak rokok warganya.

Suami Mutilasi Istri di Ciamis Ditahan Disel Khusus, Polisi Ungkap Alasannya

"Jadi, sekitar Rp80 miliar anggaran dari pajak rokok, 50 persennya diperuntukkan untuk menangani masalah yang ada hubungannya dengan kesehatan," ujar Rudy,  Rabu, 30 November 2016.

Rudy mengakui fakta itu sebenarnya termasuk ironis, jika dihubungkan dengan imbauan dari Kementerian Kesehatan, yang melarang untuk merokok, apalagi di lingkungan kegiatan pelayanan kesehatan untuk masyarakat.

Warga Indragiri Hilir Manfaatkan Speed Boat Hibah Bea Cukai Tembilahan

"Ya, memang sangat ironis. Tetapi, berdasarkan aturan 50 persen dari dana itu (pajak rokok) untuk masalah kesehatan, " ungkap Rudy.

Lanjut Rudy, bukan hanya pajak rokok, pemerintah Kabupaten Garut juga mendapat masukan anggaran melalui cukai rokok yang nilainya mencapai Rp18 miliar. Sementara jumlah Puskesmas di Kabupaten Garut saat ini sebanyaj 68 buah, diantaranya 34 Puskesmas saat ini dalam kondisi cukup baik.

Gara-gara Wanita, Bripda DR Aniaya Tenaga Kesehatan Hingga Hidungnya Patah

"Ya, kami berupaya maksimal untuk melakukan pembenahan layanan kesehatan," kara Rudy.

(ren)

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua/ilustrasi

Setelah Serang Gereja, KKB Menuju Sekolah Bikin Guru Ketakutan hingga Lari ke Hutan

Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Distrik Borme, Kabupaten Pegunungan Bintang melakukan perampasan barang elektronik milik jemaat Gereja hingga masuk ke sekolah.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024