Mendagri Minta Dugaan Penghinaan Merah Putih Diusut Tuntas

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Moh Nadlir

VIVA.co.id – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo meminta, Kepolisian mengusut tuntas dugaan penghinaan bendera Merah Putih saat demo massa Front Pembela Indonesia (FPI) berlangsung di Mabes Polri, Senin 16 Januari lalu.

Top Trending: Firasat Masinis KA Bandung, Bendera Merah Putih Dicorat-coret Hingga Satria Mahathir

Dalam demonstrasi itu, bendera Merah Putih yang berada di kerumunan massa FPI, dicoret dengan tulisan Arab dan gambar silang pedang berwarna hitam.

"Itu harus diusut, saya yakin ada rekamannya," ujar Tjahjo di Gedung DPR, Jakarta, Kamis 19 Januari 2017.

Viral Video Pembakaran Bendera Merah Putih di Pontianak

Menurut Tjahjo, seharusnya lambang negara yang merupakan simbol negara dan lambang kebinekaan harus dijaga. Oleh karena itu Mendagri mendukung jika Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian sudah mengusut kasus tersebut.

"Pak Kapolri sampaikan sedang menelusuri yang membawa bendera itu, perintahnya siapa atau inisiatif sendiri atau ada kebijakan dari ormas," kata Politikus PDIP Perjuangan itu.

Opening Ceremony Asian Games 2022, Dua Atlet Ini Bawa Bendera Indonesia

Hal tersebut disampaikannya menyusul adanya bendera Merah Putih ditambah tulisan Arab di demo FPI yang kemudian menjadi perhatian publik. Tindakan dugaan menghina lambang negara ini akan ditindaklanjuti polisi meskipun tanpa ada yang melaporkan. (mus)

Putri Handayani

Salut! Putri Handayani Jadi Warga Indonesia Pertama yang Berhasil Taklukkan Kutub Selatan

Putri Handayani ungkap ada berbagai rintangan yang harus ia hadapi. Mulai dari dinginnya suhu, sulitnya berjalan di tengah salju, serta juga angin kencang yang menerjang.

img_title
VIVA.co.id
25 Januari 2024