Tangis Bahagia Mbah Kawit karena Tiba di Mekah

Kawit Topa (75) digendong petugas saat turun dari bus.
Sumber :
  • Eko Priliawito

VIVA.co.id – Tangis bahagia Mbah Kawit Topa tak tertahankan saat tiba di Kota Mekah setelah melalui perjalanan panjang dari Madinah pada hari ini, Minggu 6 Agustus 2017. Kawit tergabung dalam kloter 1 Surabaya dan akan tinggal di Hotel Tharwat Zamzam di kawasan Misfalah.

Kuota Jemaah Haji 2024 Diumumkan Sebanyak 221 Ribu, DPR RI Segera Bahas Perbaikan Penyelenggaraan
"Alhamdulilah sudah sampai Mekah. Saya sudah 7 tahun daftar dan Allah akhirnya mengundang saya datang," kata Mbah Kawit sambil menangis.
 
1 Jemaah Haji asal Palembang Hilang, Menteri Yaqut: Kami Terus Cari
Warga berusia 75 tahun itu, yang turun dari bus dengan dengan digendong petugas, mengaku berangkat dari Kota Kediri, Jawa Timur, seorang diri atau tanpa pendamping. Meski begitu, anaknya selalu menelepon melalui ketua rombongan.
 
"Kalau telepon saya tidak bisa. Saya juga tidak tahu nomor telepon anak. Tapi anak saya selalu telepon ketua rombongan," katanya.
 
Meski datang tanpa ada keluarga yang menemani, tapi Kawit merasa yakin dapat melaksanakan ibadah haji di Tanah Suci. Mbah Kawit yakin ada petugas dan pembimbing yang akan selalu menemaninya.
 
Ada 450 jemaah haji kloter pertama dari Surabaya yang akan bermukim Hotel Twarat Zamzam yang berada di wilayah sektor 11 selama berada di Mekah.
 
Berdasarkan data yang telah masuk di Daerah Kerja Mekah, sebanyak 12 kloter jemaah haji Indonesia tiba di Mekah hari ini. Jumlah jemaah yang tiba mencapai 4.929 otang. Seluruh kloter ini sebelumnya sudah berada di Kota Madinah untuk melakukan arbain. (ren)
Petugas kesehatan merawat jemaah haji Indonesia yang sakit.

77 Jemaah Haji Indonesia Masih di Arab Saudi Jalani Perawatan di Rumah Sakit

Kementerian Agama merilis sebanyak 77 jemaah haji masih berada di Arab Saudi. Hal ini dikarenakan, puluhan jemaah menjalani perawatan di rumah sakit.

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2023