Kuota Jemaah Haji 2024 Diumumkan Sebanyak 221 Ribu, DPR RI Segera Bahas Perbaikan Penyelenggaraan

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily.
Sumber :
  • Viva.co.id/ Sherly (Tangerang)

Tangerang–Pemerintah Arab Saudi telah mengumumkan kuota jemaah haji bagi Indonesia di tahun 2024 dengan total 221 ribu jemaah. Adanya hal ini, DPR RI Komisi VIII akan segera melakukan pembahasan, terkait dengan perbaikan penyelenggaraan haji. 

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

"Pemerintah Arab Saudi telah mengumumkan soal kuota jemaah haji tahun 2024, dan adanya hal ini pada tanggal 16 Agustus 2023 nanti, kami segera melakukan rapat evaluasi terkait penyelenggaraan haji tahun ini, agar di tahun depan lebih baik lagi," kata Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Ace Hasan Syadzily di Terminal 3, Bandara Soetta, Tangerang, Sabtu, 5 Agustus 2023. 

Lanjut dia, pembahasan itu dilakukan sebagai titik awal persiapan penyelenggaraan di tahun depan. 

Permudah Transaksi Jemaah Haji, Kartu Debit Bank Muamalat Sudah Bisa Nirsentuh

"Ini titik awal pembahasan, dan kami harap dalam nantinya ada tambahan namun tidak dilakukan pada last minute, sehingga pengaruhi terhadap persiapan haji tahun yang akan datang. Dalam upaya perbaikan ini pun, ada beberapa yang kami tandai, seperti soal screening (kesehatan) awal terhadap calon jemaah sebagai syarat bayar setoran tahun," ujarnya. 

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyambut kepulangan 335 petugas haji.

Photo :
  • Viva.co.id/ Sherly (Tangerang)
Bawa Kabar dari Tanah Suci, Peran Media Optimalkan Penyelenggaraan Ibadah Haji

Sementara itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, untuk tahun ini tercatat sebanyak 221 ribu yang terdiri 203.320 jemaah reguler dan 17.680 khusus. 

"Tahun ini 221 ribu, dan ada tambahan kuota sebanyak 8 ribu, terbagi atas 7.360 reguler, 640 jemaah haji khusus, yang mana total keseluruhan ada 210.680 jemaah haji reguler 18.320 khusus," ungkapnya. 

Diketahui, proses kepulangan jemaah haji pun secara keseluruhan sudah selesai dilaksanakan dengan kloter terakhir yakni kloter 88 asal Surabaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya