Pemulangan Jemaah, Masih Banyak Ditemukan Air Zamzam

Ilustrasi Jemaah Haji RI.
Sumber :
  • VIVA/Eko Priliawito

VIVA.co.id – Pemulangan jemaah haji Indonesia gelombang pertama melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah akan berakhir hari ini, Kamis 21 September 2017. Kloter 47 Embarkasi Solo (SOC 47) akan menjadi penutup pemulangan dan telah terbang pada pukul 07.30 waktu Arab Saudi.

Kuota Jemaah Haji 2024 Diumumkan Sebanyak 221 Ribu, DPR RI Segera Bahas Perbaikan Penyelenggaraan

Kepala Daker Makkah Arsyad Hidayat mengatakan, bahwa proses pemulangan jemaah haji Indonesia berjalan dengan baik.  “Alhamdulillah secara umum pemulangan jemaah gelombang pertama berjalan lancar dan tidak terkendala,” kata dia di Madinah, Kamis 21 September 2017.

Menurut Arsyad, meski pada awal pemulangan sempat ada sedikit masalah terkait barang bawaan jemaah karena masih ditemukan koper yang berisi barang yang dilarang seperti air zamzam, tapi secara umum pemulangan berjalan lancar.

1 Jemaah Haji asal Palembang Hilang, Menteri Yaqut: Kami Terus Cari

 “Namun seiring waktu dan gencarnya sosialisasi tentang barang bagasi, Alhamdulillah hari-hari berikutnya tidak diketemukan lagi dalam bagasi jemaah haji,” katanya menambahkan.

Arsyad menjelaskan, total ada 256 kloter yang diterbangkan ke Tanah Air pada gelombang pertama. Sampai Rabu malam, jemaah yang sudah diberangkatkan berjumlah 98.294 dengan 1.225 petugas yang tergabung dalam 245 kloter.

Pencarian 1 Jemaah Haji yang Hilang, Menteri Agama: Diteruskan Tanpa Batas Waktu

Seiring berakhirnya pemulangan gelombang pertama melalui Bandara Jeddah, akan dimulai pemulangan jemaah gelombang kedua melalui Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. 

“15 kloter akan diberangkatkan mulai dini hari nanti. Proses pemulangan gelombang kedua ini akan berlangsung dari 21 September hingga 5 Oktober mendatang,” katanya. (mus)

Petugas kesehatan merawat jemaah haji Indonesia yang sakit.

77 Jemaah Haji Indonesia Masih di Arab Saudi Jalani Perawatan di Rumah Sakit

Kementerian Agama merilis sebanyak 77 jemaah haji masih berada di Arab Saudi. Hal ini dikarenakan, puluhan jemaah menjalani perawatan di rumah sakit.

img_title
VIVA.co.id
7 Agustus 2023