ICW Sindir Dukungan Setya Novanto Bentuk Densus Tipikor

Aktivis ICW Emerson Yuntho
Sumber :
  • VIVA.co.id/Edwin Firdaus

VIVA – Indonesia Corruption Watch (ICW) mengkritisi pernyataan Ketua Dewan Perwakilan (DPR) Rakyat Setya Novanto yang secara terang-terangan mendukung pembentukan Detasemen Khusus (Densus) Tindak Pindana Korupsi (Tipikor). 

Setya Novanto Acungkan 2 Jari Saat Nyoblos di Lapas Sukamiskin

Dukungan tersebut menurutnya, berbanding terbalik dengan status Novanto yang saat ini adalah seorang tersangka korupsi. 

“Pak Setnov dukung betul. Orang tersangka kasus korupsi, dukung betul,” kata Koordinator Divisi Monitoring Peradilan dan Hukum ICW Emerson Yuntho dalam sebuah diskusi, Jakarta, Sabtu, 21 Oktober 2017.

Polisi Didesak Segera Usut Pernyataan Agus Rahardjo Soal Jokowi Stop Kasus e-KTP

Novanto sebelumnya menyatakan, pembentukan Densus Tipikor sudah tepat karena didukung dengan sumber daya manusia dan kantor perwakilan daerah yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Maka dari itu, Golkar pun mendukung pembentukan unit baru Polri tersebut.

Namun. Emerson menduga dukungan tersebut sama saja seperti menghilangkan peranan Komisi Pemberantasan Korupsi sebagai lembaga pemberantasan korupsi. Apalagi, lanjutnya, ruang lingkup pembentukan Densus Tipikor pun tak jauh dari ruang lingkup lembaga anti saruah tersebut.

Respon Jokowi Usai Mantan Ketua KPK Agus Rahardjo Dilaporkan ke Bareskrim Polri

“Kalau mendukung KPK, harusnya datang dia (dalam sidang e-KTP),” katanya.

ICW mengharapkan, rencana pembentukan Densus Tipikor dapat dikaji lebih lanjut. Menurutnya, penguatan sejumlah direktorat di tubuh internal Polri jauh lebih penting, ketimbang harus membentuk unit baru yang dikhawatirkan nantinya hanya akan memberikan stigma buruk di masyarakat.

“Ditambah saja gaji operasionalnya, dan bisa berkoordinasi dengan Jaksa Agung serta memperkuat koordinasi dengan supervisi KPK. Perlu adanya penguatan,” katanya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya