Marsekal Hadi Serahkan Jabatan ke Yuyu Sutisna

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan KSAU Marsekal Yuyu Sutisna
Sumber :
  • VIVA / Bayu Nugraha

VIVA – Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan serah terima jabatan Kepala Staf Angkatan Udara kepada Marsekal Yuyu Sutisna. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari pelantikan KSAU yang dilakukan Presiden Joko Widodo pada Rabu, 17 Januari 2018 di Istana Negara.

12 Program Kerja KSAU Baru, Meningkatkan Pola Operasi hingga Persiapan Mobilisasi ke IKN

Diketahui, setelah diangkat dan dilantik menjadi Panglima TNI, Marsekal Hadi merangkap jabatan menjadi KSAU hingga akhirnya memilih Yuyu sebagai penggantinya.

"Lapor, saya Marsekal Yuyu Sutisna berdasarkan surat Panglima TNI, telah menerima tugas dan tanggung jawab pada Angkatan Udara," kata Yuyu saat menerima jabatannya di Lapangan udara Halim Perdanakusuma, Jumat, 19 Januari 2018.

Sukses Jalani Misi Kemanusiaan di Gaza, 27 Prajurit Pemberani Dapat Penghargaan dari Panglima TNI

Marsekal Yuyu Sutisna merupakan lulusan Akademi Militer tahun 86. Yuyu merupakan figur dengan pengalaman panjang di TNI. Ia pernah bertugas baik di Indonesia maupun di luar negeri. Sebagai contoh, ia sempat menjadi Atase Pertahanan Republik Indonesia di Washington DC, Amerika Serikat.

Dia juga mantan pilot pesawat tempur dengan jam terbang menyentuh angka 2000 jam terbang. Ia dulu menerbangkan jet tempur F-5E/ F Tiger II Skuadaron Udara 14 Wing 3 Pangkalan Udara Iswahyudi, Madiun, Jawa Timur.

Menko Polhukam Minta KSAU Siapkan Alutsista untuk Modifikasi Cuaca dampak La Nina

Jabatan terakhir yang dipegang Yuyu Sutisna adalah Wakil Kepala Staf TNI AU. Jabatan itu dia emban sejak tahun 2016.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Staf Angakatan Darat dan Laut, kemudian Wakil Kepala Polisi RI, Menteri Koordinasi Politik, Hukum, dan Keamanan, Menteri Agraria dan Tata Ruang, Kepala BNPB, Wakil BIN, Wakil Ketua Komisi I DPR dan Staf Khusus Presiden.

VIVA Militer: Panglima TNI pimpin Sertijab Pangkogabwilhan II

Panglima TNI Lantik Marsda TNI Khairil Lubis Jadi Pangkogabwilhan II

Marsda TNI M. Khairil Lubis dilantik menggantikan Marsekal TNI Tonny Harjono yang saat ini menjabat KSAU

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024