KPU Temukan 17 Nama Caleg Ganda

Verifikasi Faktual Partai Golkar
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews -
Terpopuler: Adu Laris Fortuner vs Pajero Sport, Shin Tae-yong Mudah Beli Palisade
Komisi Pemilihan Umum (KPU) hari ini telah menyelesaikan tahap verifikasi administrasi dokumen daftar bakal calon legislatif partai politik putaran pertama. Hasilnya, KPU menemukan 17 nama caleg ganda.

Terkuak, Ini Peran 5 Tersangka Barus Kasus Korupsi Timah

"Kami temukan ada caleg yang dicalonkan secara ganda. Totalnya ada 17 nama calon yang ganda," kata anggota KPU, Hadar Nafis Gumay, di kantor KPU, Jakarta, Senin 29 April 2013.
Klasemen Liga 1: Klub Raffi Ahmad Kecebur Zona Degradasi


Hadar menuturkan setidaknya ada dua model caleg ganda. Pertama, seorang caleg ada di dalam partai yang sama tetapi dengan dapil berbeda. Kedua, ada di dapil yang sama tetapi dengan parpol berbeda.


"Kami akan periksa lebih pasti lagi. Kemudian kami akan umumkan hasilnya kepada parpol pada tanggal 7 dan 8 Mei. Jadi kami masih punya waktu," katanya.


Soal pencoretan caleg ganda, kata Hadar, dalam tahap sekarang ini, KPU tidak memiliki otoritas. Untuk saat ini, KPU hanya berwenang memberikan informasi kepada parpol.


"Ini
lho
, calon kalian yang terdaftar di parpol ganda. Silakan parpol mau ambil sikap apa," kata Hadar.


Parpol diberikan waktu untuk memperbaiki daftar caleg antara sejak 9 hingga 22 Mei 2013. Setelah itu, jika parpol masih mempertahankan kegandaan caleg, maka KPU akan mencoret caleg tersebut.


Sementara itu, anggota KPU lainnya, Ferry Kurnia Rizkiyansyah menambahkan sejauh ini pihaknya telah melakukan verifikasi daftar bakal caleg dari 7 parpol perserta pemilu.


Selanjutnya, KPU akan berkonsentrasi menyelesaikan 5 parpol lainnya. "Nanti partai-partai lain tinggal beberapa dapil yang belum kami sisir," katanya. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya