SBY Pidato Kenegaraan, Anggota DPR Dilarang Interupsi

Pidato Kenegaraan SBY
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma
VIVAnews
Tetap Kompak, Momen Eko dan Akri Jenguk Parto, Minta Penggemar Jangan Khawatir Hal Ini
– Hari ini, Jumat 16 Agustus 2013, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono akan menyampaikan tiga pidato kenegaraan untuk menyambut hari kemerdekaan Indonesia yang jatuh besok Sabtu, 17 Agustus 2013. Pidato itu disampaikan Presiden SBY dalam rapat bersama dengan Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Daerah di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Wakil Ketua MPR Hajriyanto Thohari meminta agar anggota DPR dan DPD tidak melakukan interupsi ketika Presiden membacakan pidato kenegaraan. “Anggota DPR sebaiknya mendengarkan saja karena pembahasan ada di tingkat Badan Anggaran dan komisi,” kata dia.
Orangtua Anak yang Tabrakkan Mobil di Mall Jadi Konsumen Chery


Pukul 09.00 WIB, Presiden SBY akan menyampaikan pidato terkait hari kemerdekaan RI, sedangkan pukul 14.30 WIB tentang Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) Tahun 2014 dan Nota Keuangan.


Hajriyanto mengatakan, anggota DPR memang bisa saja melakukan interupsi. “Tapi kalau lihat materi pidato, aspek yang mendapat tanggapan diberikan waktu dalam sidang berikutnya. Jadi interupsi lebih pas di pembahasan untuk persetujuan RAPBN yang diajukan pemerintah,” ujar politisi Golkar itu.


Koordinator Panitia Pelaksana Tim Kerja Persiapan Sidang Bersama DPR dan DPD, Gusti Kanjeng Ratu Hemas, mengatakan mulai pukul 09.00 WIB hingga malam nanti akan dilakukan tiga rangkaian sidang, yaitu Sidang Bersama DPR-DPD dengan agenda Pidato Kenegaraan Presiden dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-68 Kemerdekaan RI pada pukul 09.00 WIB, Rapat Paripurna Luar Biasa DPR dengan agenda Pidato Presiden tentang RAPBN 2014 dan Nota Keuangan pada pukul 14.30 WIB, serta Sidang Paripurna DPD dengan agenda Pembukaan Tahun Sidang 2013-2014 pada pukul 19.00 WIB.


Merujuk pada pokok-pokok acara dalam Buku Petunjuk Acara Sidang Bersama DPR-DPD, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono beserta Ibu Negara Kristiani Herrawati, akan tiba pukul 08.45 WIB di lantai dasar Gedung Nusantara. Di depan pintu utama gedung, Ketua DPD Irman Gusman dan istri Liestyana Rizal, serta Ketua DPR Marzuki Alie dan istri Asmawati, menyambut Presiden dan istri. Mereka kemudian menuju ruangan VIP.


Lima menit sebelum SBY tiba, Wakil Presiden Boediono dan istri Herawati akan tiba lebih dulu pukul 08.40 WIB. Ia akan disambut Wakil Ketua DPD Gusti Kanjeng Ratu Hemas dan Wakil Ketua DPR Muhammad Sohibul Iman. Mereka kemudian juga menuju ruangan VIP.


Pukul 08.58 WIB, Presiden, Wakil Presiden, pimpinan DPR, dan pimpinan DPD akan bersama-sama memasuki ruangan sidang paripurna. “Presiden akan menyampaikan kondisi kebangsaan Indonesia, refleksi dan perspektif, serta seruan kepada seluruh rakyat Indonesia,” kata Hemas. (sj)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya