Penyesalan Dortmund di Balik Sukses Menahan Madrid

Pemain Borussia Dortmund, Raphael Guerreiro, and Real Madrid, Dani Carvajal.
Sumber :
  • REUTERS/Kai Pfaffenbach

VIVA.co.id – Pelatih Borussia Dortmund, Thomas Tuchel, dengan cepat menegaskan timnya masih bisa tampil lebih baik lagi setelah mencatatkan hasil imbang 2-2 dengan sang juara bertahan Liga Champions, Real Madrid.

Mikel Arteta Menolak Panik, Yakin Arsenal Bakal Bangkit

Dalam pertandingan di Signal Iduna Park semalam, wakil Bundesliga itu berhasil merebut satu poin berkat gol Andre Schuerrle hanya tiga menit jelang bubaran. Gol tersebut membuyarkan kemenangan Madrid yang sebelumnya unggul lebih dahulu lewat Cristiano Ronaldo, sempat dibalas Piere-Emerick Aubameyang, dan Raphael Varane.

Baca Juga: Madrid Tak Terima Hasil Imbang dengan Dortmund

Liverpool Tersingkir dari Liga Europa Saat Bayer Leverkusen Melaju ke Semifinal

Tuchel memuji penampilan anak asuhnya yang mampu bangkit setelah ketinggalan dua kali lebih dahulu, tetapi merasa Die Borussian masih bisa terus berkembang.

"Kami tak sepenuhnya senang karena kami merasa kami bisa tampil lebih baik," ujar Tuchel, seperti dilansir dari Bild.

5 Klub Sepakbola yang Sering Tampil di Final Liga Champions, Real Madrid Teratas?

"Ini tidak terasa seperti kemenangan karena kami hanya menyamakan kedudukan di akhir laga. Mungkin ada sesuatu lebih di dalam kami. Tapi kami senang bisa mendapatkan satu poin. Saya pikir ini hasil imbang yang pantas."

Dortmund tampil menjanjikan pada babak pertama dengan mencatatkan sejumlah peluang emas. Tetapi, hanya bisa mencetak satu gol saja. Bayangkan, penguasaan bola tuan rumah sampai 63 persen berbanding 37 persen.

Tercatat Dortmund membuat 11 percobaan sepanjang 90 menit pertandingan dengan tujuh tendangan ke arah gawang dan empat melebar. Bukti kalau sejumlah peluang kerap disia-siakan, hal itu yang sangat disesalkan oleh Tuchel.

"Kami pantas mendapatkan keunggulan di babak pertama, tapi entah bagaimana kami gagal. Kami seharusnya mencetak lebih banyak gol di babak pertama," lanjut Tuchel.

"Kami kehilangan sedikit kontrol setelah jeda. Kami juga sedikit depresi di jeda karena hasilnya 1-1. Madrid mendapat percaya diri dan kami menderita. Sulit untuk kembali dari defisit dan lebih sulit bangkit untuk kedua kalinya. Karena itu saya puas," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya