FIFA Ubah Format Penilaian Pemain Terbaik Dunia

Megabintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo menerima penghargaan.
Sumber :
  • REUTERS/Ruben Sprich

VIVA.co.id – FIFA memutuskan untuk mengubah format penilaian dalam acara penghargaan mereka. Format tersebut sudah digunakan mulai 2017 ini.

Sabet Pemain Terbaik FIFA, Lionel Messi Makin Tinggalkan Cristiano Ronaldo

Biasanya, format penilaian dalam penghargaan Pemain Terbaik Dunia FIFA dilakukan selama satu tahun kalender. Tapi, FIFA menetapkan penilaian dalam kalender musim kompetisi.

Dengan demikian, musim ini Liga Champions akan menjadi momen penentu dalam penilaian performa pemain. Sebab, malam penghargaan FIFA akan dilaksanakan pada 23 Oktober 2017 di London.

Kontroversi Pemain Terbaik FIFA, Erling Haaland Dinilai Lebih Layak dari Lionel Messi

Aturan ini tak berlaku di kawasan Amerika Selatan dan beberapa negara lain. Sebab, kalender kompetisi mereka bukan seperti di Eropa yang dimulai sejak Agustus dan berakhir pada Juni.

Terkait siapa yang memiliki hak suara, masih sama. FIFA akan melibatkan kapten, pelatih Timnas, Presiden Federasi, serta jurnalis, dalam pemungutan suara.

Andil Indonesia Bikin Lionel Messi Kalahkan Haaland Sabet Pemain Terbaik FIFA

Nominasinya pun masih sama. Kategori pemain terbaik pria dan wanita, pelatih terbaik pria serta wanita, Puskas Award, FIFA Fairplay Award, penghargaan fans, serta starting eleven terbaik di dunia, masih menjadi kategori penghargaan FIFA.

Tapi, patut dicatat, format ini tak berlaku untuk penghargaan Ballon d’Or. Mereka masih menggunakan format lama karena sudah tak berada dalam otoritas FIFA. (one)

Kapten Timnas Argentina, Lionel Messi rayakan gol

Lionel Messi Pilih Erling Haaland, Berikut Pilihan Bintang Dunia di Pemain Terbaik FIFA 2023

Penghargaan pemain terbaik dunia FIFA baru saja digelar di Eventim Apollo, Hammersmith di London, Selasa dini hari WIB, 17 Januari 2024. Lionel Messi sukses terpilih.

img_title
VIVA.co.id
17 Januari 2024