Kontroversi Pemain Terbaik FIFA, Erling Haaland Dinilai Lebih Layak dari Lionel Messi

Hasil voting pemain terbaik dunia FIFA 2023
Sumber :
  • Fifa.com

London –  Kontroversi menyelimuti pemilihan pemain terbaik dunia FIFA 2023. Erling Haaland dianggap lebih layak merebut gelar tersebut ketimbang Lionel Messi.

Liverpool Tertahan, Perburuan Gelar Sisakan Arsenal dan Man City?

Periode penilaian adalah pada 19 Desember 2022 hingga 20 Agustus 2023. Seharusnya kesuksesan Messi merebut gelar Piala Dunia 2022 bersama Timnas Argentina tak masuk hitungan karena final digelar pada 18 Desember.

Dalam periode tersebut, sebenarnya Haaland masih lebih baik. Pemain internasional Norwegia ini mampu merebut treble winners bersama Manchester City, yakni Premier League, Piala FA dan Liga Champions. Masih ditambah gelar Piala Super Eropa.

5 Fakta Mengerikan Jelang Duel Brighton vs Manchester City di Premier League

Lantas apa yang diraih Messi dalam periode tersebut? La Pulga hanya merebut gelar Ligue 1 bersama PSG ditambah gelar Piala Liga bersama klub barunya Inter Miami.

Lionel Messi merebut gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA 2023

Photo :
  • AP Photo/Kirsty Wigglesworth
Prediksi Pertandingan Premier League: Brighton vs Manchester City

Tapi, memang semuanya akhirnya tergantung dari voting yang dilakukan para kapten Timnas, pelatih dan perwakilan media dari negara anggota FIFA.

Dalam perhitungan akhir, sebenarnya Messi dan Haaland berimbang. Keduanya sama-sama mendapatkan 48 poin. Sedangkan Kylian Mbappe di posisi ketiga dengan 35 poin.

Namun, berdasarkan regulasi, voting dari kapten timnas mendapatkan bobot lebih. Messi mendapatkan 13 poin dari kapten timnas sedangkan Haaland hanya 11.

Andil Indonesia
Ternyata ada andil Indonesia dalam terpilihnya Messi sebagai pemain terbaik dunia. Dua dari tiga wakil Indonesia memilih Messi di posisi pertama.

Ceritanya akan berbeda jika dua wakil Indonesia tersebut memilih Haaland di urutan pertama. Haaland akan dinobatkan sebagai yang terbaik.

Kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam memilih Messi di urutan pertama. Baru setelah itu, dia memilih Haaland dan Mbappe.

Pelatih Indonesia, Shin Tae yong juga menempatkan Messi di urutan pertama. Setelah itu, dia memilih dua penggawa Manchester City, Kevin De Bruyne dan Rodri.

Perwakilan media, Triono Subagyo sedikit berbeda. Dia memilih Erling Haaland di urutan pertama, disusul Julian Alvarez dan Lionel Messi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya