Andil Indonesia Bikin Lionel Messi Kalahkan Haaland Sabet Pemain Terbaik FIFA

Hasil voting pemain terbaik dunia FIFA 2023
Sumber :
  • Fifa.com

London – Lionel Messi sukses merebut gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA 2023. Dia mengalahkan Erling Haaland dan Kylian Mbappe.

Viral, Ekspresi Bung Towel Pas Indonesia Gilas Korea Selatan di Piala Asia U-23

Terpilihnya Messi sedikit kontroversial. Sebab, pada 2023 lalu, Messi meninggalkan PSG dan memperkuat Inter Miami.

Sedangkan kesuksesan merebut gelar Piala Dunia 2022 seharusnya tak dihitung. Sebab, itu terjadi pada Desember 2022.

Akhirnya, Pelatih Korea Selatan Beri Pengakuan Usai Dikalahkan Timnas Indonesia U-23

Periode penilaian adalah pada 19 Desember 2022 hingga 20 Agustus 2023. Sedangkan final Piala Dunia 2022 digelar pada 18 Desember 2022.

Pencapaian Erling Haaland sebenarnya lebih fenomenal. Dia membantu Manchester City meraih treble winners dengan gol-golnya.

Timnas Indonesia U-23 Vs Uzbekistan, Sama-sama Bidik Sejarah Lolos Olimpiade

Lionel Messi merebut gelar Pemain Terbaik Dunia FIFA 2023

Photo :
  • AP Photo/Kirsty Wigglesworth

Tapi, memang semuanya akhirnya tergantung dari voting yang dilakukan para kapten Timnas, pelatih dan perwakilan media dari negara anggota FIFA.

Dalam perhitungan akhir, sebenarnya Messi dan Haaland berimbang. Keduanya sama-sama mendapatkan 48 poin. Sedangkan Kylian Mbappe di posisi ketiga dengan 35 poin.

Namun, berdasarkan regulasi, voting dari kapten timnas mendapatkan bobot lebih. Messi mendapatkan 13 poin dari kapten timnas sedangkan Haaland hanya 11.

Andil Indonesia
Ternyata ada andil Indonesia dalam terpilihnya Messi sebagai pemain terbaik dunia. Dua dari tiga wakil Indonesia memilih Messi di posisi pertama.

Ceritanya akan berbeda jika dua wakil Indonesia tersebut memilih Haaland di urutan pertama. Haaland akan dinobatkan sebagai yang terbaik.

Asnawi Mangkualam di laga Timnas Indonesia Vs Brunei Darussalam

Photo :
  • PSSI

Kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam memilih Messi di urutan pertama. Baru setelah itu, dia memilih Haaland dan Mbappe.

Pelatih Indonesia, Shin Tae yong juga menempatkan Messi di urutan pertama. Setelah itu, dia memilih dua penggawa Manchester City, Kevin De Bruyne dan Rodri.

Perwakilan media, Triono Subagyo sedikit berbeda. Dia memilih Erling Haaland di urutan pertama, disusul Julian Alvarez dan Lionel Messi.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya