Jacksen Sudah Tahu Kekuatan Adelaide

Pelatih Barito Putera, Jacksen Ferreira Tiago
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAbola - Arsitek Persipura Jayapura, Jacksen Ferreira Tiago menggelorakan semangat bertanding kepada tim asuhannya yang akan tampil menghadapi Adelaide United di babak Pla-off Liga Champions Asia, Kamis 16 Februari 2012 sore hari nanti. Ia pun mengaku telah mengenal kekuatan Adelaide lewat seorang temannya.

Format Kualifikasi Piala Asia 2023 Resmi Diubah

Jacksen yakin timnya memiliki potensi besar lolos ke fase grup Liga Champions Asia. "Dalam tiga tahun terakhir, kami selalu bermain di level Internasional. Jadi kami tahu perbedaannya," kata Jacksen dikutip Fox Sport, Kamis 16 Februari 2012.

Adelaide sejatinya tidak akan berhadapan dengan Persipura, lantaran tim berjuluk Mutiara Hitam itu bermain di luar payung resmi kompetisi PSSI. Namun, Persipura akhirnya bisa tampil di babak playoff setelah gugatannya dikabulkan Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS) melalui keputusan sela.

"Kami tahu, Adelaide sebenarnya tidak mengharapkan pertandingan ini dan kami menaruh ekspektasi mereka akan bermain lepas," ujar mantan pelatih Persitara Jakarta Utara dan Mitra Kukar tersebut.

Jacksen menyatakan telah mengenal karakteristik permainan Adelaide. Menurutnya, pengetahuan yang dimilikinya menjadi modal berharga untuk menantang The Reds. Ia pun menjamin timnya siap tempur menghadapi pertandingan nanti kendati sejumlah masalah melanda sebelum bertolak ke Australia.

"Sebagai pelatih, saya harus mengetahui siapa pemain kunci mereka. Juga cara mereka bermain, bagaimana mengkreasikan peluang dan transisi yang dilakukan dalam permainan nanti," sambungnya.

Kisah Timnas Israel Dimusuhi Asia hingga Ngungsi ke Eropa

"Dan saya punya teman dari Australia yang bisa memberikan informasi," tukas Jacksen.

Meski begitu, Jacksen tetap mencoba untuk bersikap realistis saat menantang wakil dari Negeri Kanguru tersebut. Menurutnya, duel nanti tidak ubahnya pertandingan seperti di Liga Inggris.

"Saya telah mengatakan kepada para pemain, ini akan menjadi pertandingan seperti Liga Inggris. Permainan akan sangat sulit. Kami harus tampil kompetitif. Semoga saja, kami bisa lolos ke Liga Champions," tuntas pelatih asal Brasil tersebut. (one)

Timnas Indonesia Dipatok Target Tinggi di Kualifikasi Piala Asia U-23
Pertandingan PSIS Semarang vs Arema FC.

Arema FC Diganjar Sertifikat AFC Club Licensing 2021

Media Officer Arema FC, Sudarmaji mengatakan diterimanya sertifikat itu tentu membuat langkah Arema FC untuk bermain di level Asia terbuka.

img_title
VIVA.co.id
20 Januari 2022