PSSI Minta Standar Keamanan TSC Diperketat

Suporter Persegres Gresik United, sempat rusuh dengan suporter PS TNI
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/pd/16

VIVA.co.id – PSSI telah menggelar pertemuan dengan operator Torabika Soccer Championship (TSC), pada Kamis 26 Mei 2016. Pertemuan tersebut digelar untuk mengevaluasi gelaran TSC dalam beberapa pekan terakhir.

Langkah Tegas PSSI Basmi Sepakbola Gajah di Liga 3

Yang paling disoroti PSSI adalah soal kericuhan antar suporter di Stadion Tri Dharma, Gresik, Minggu 22 Mei 2016 lalu. Kala itu, tuan rumah Persegres Gresik United, sedang menjamu PS TNI.

Namun, laga dicemari oleh aksi tak pantas dari beberapa oknum suporter. Mereka berbuat onar dan menyebabkan 50 orang dilarikan ke rumah sakit karena mengalami luka-luka yang serius.

Pemain Keturunan Bisa Bela Timnas U-19 di Piala Dunia U-20, Siapa Dia?

"Saat Liga Super Indonesia (ISL) digelar, kericuhan di sepakbola sudah jarang terjadi. Ini baru awal, tapi sudah banyak kejadian. Maka dari itu, kami memberikan masukan kepada GTS," kata Sekretaris Jenderal PSSI, Azwan Karim.

Azwan pun menyatakan pihak PSSI telah menyatankan GTS untuk memperketat regulasi sistem keamanan di dalam stadion. Dia juga meminta kepada GTS untuk menindak tegas seluruh pelanggar Kode Disiplin, tanpa pandang bulu.

Indra Sjafri Disuruh Iwan Bule Jujur Soal PSSI, Jawabannya Mengejutkan

"Kami mengajukan FIFA Stadium Security Safety Plan. Meski semuanya tak bisa diterapkan karena basisnya berdasarkan Eropa, tapi pasti ada yang bisa diambil. Tak boleh ada anak emas, semuanya harus ditindak jika melanggar," ujar Azwan.

Terkait rencana tersebut, Direktur Kompetisi GTS, Ratu Tisha Destria, menyatakan pihaknya tak mau terburu-buru. FIFA Stadium Security Saftey Plan, menurutnya memang harus diterapkan.

Tapi, sebelumnya pihak suporter harus diberikan edukasi terlebih dulu demi melancarkan program tersebut. "Ini melibatkan profil suporter, budaya, dan manajemen resiko. Itu yang sedang kami gali, dan semua data sudah terkumpul. Kami berkoordinasi dengan PSSI membahas soal penerapan, Stadium Security Safety Management di Indonesia," tutur Tisha.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya