Gagal Lolos, Timnas U-19 Kejar Kemenangan di Laga Sisa

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Eduard Tjong.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww/16.

VIVA.co.id – Timnas Indonesia U-19 gagal lolos ke semifinal Piala AFF U-19 2016. Pada pertandingan ketiga babak penyisihan Grup B di Vietnam Youth Training Center, Hanoi, Jumat, 16 September 2016, Pandi Lestaluhu cs kalah dari Australia dengan skor 1-3.

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti

Itu merupakan kekalahan ketiga bagi anak-anak asuh Eduard Tjong. Sebelumnya, Indonesia takluk Myanmar pada laga perdana dan tersungkur menghadapi Thailand di pertandingan kedua.

Meski dipastikan gagal lolos, Eduard tak kecewa dengan permainan anak asuhnya. Eks pelatih PS TNI ini justru memuji para pemain karena mampu mengimbangi permainan Australia, khususnya pada babak pertama.

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

"Saya tidak kecewa dengan permainan anak-anak. Rotasi tadi kita lakukan hampir 60 persen. Kualitas pemain kami sebenarnya tidak ada bedanya," ujar Eduard dalam rilis yang diterima VIVA.co.id.

Meski demikian, Eduard menyesalkan cedera dua pilar, Bagas Adi Nugroho dan Nevy Alexsander Dwaramury di babak kedua. Akibatnya, permainan Tim Garuda Muda mengendur dan harus kebobolan dua gol.

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

"Di babak kedua, kita ada masalah dengan keluarnya Bagas ditambah Nevy. Mereka cedera engkel. Di babak kedua penampilan kita juga menurun," kata Eduard.

Indonesia masih memiliki dua laga sisa kontra Laos dan Kamboja. Meski sudah tak berpengaruh, Eduard tetap membidik kemenangan. "Lawan Laos kita main normal. Formasi akan berubah menjadi 4-4-2. Dua laga sisa harus menang, tidak ada alasan bahwa kita gagal lolos dan capek, lalu kita main seadanya," tegasnya.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya