TUTUP
TUTUP
VIVABOLA

Presiden FIFA Ingin Piala Dunia Diikuti 48 Negara

Piala Dunia saat ini diikuti oleh 32 negara.
Presiden FIFA Ingin Piala Dunia Diikuti 48 Negara
Presiden FIFA, Gianni Infantino (REUTERS/Ruben Sprich)

VIVA.co.id – Sebuah gagasan menambah kuota peserta Piala Dunia diungkap langsung oleh Presiden FIFA, Gianni Infantino. Suksesor Sepp Blatter ini memiliki ide untuk menambah jumlah peserta Piala Dunia, yang tadinya hanya 32 negara menjadi 48 negara.

Gagasan ini diungkap Infantino dalam kunjungannya ke sebuah universitas di Bogota, Kolombia, Senin 3 Oktober 2016 waktu setempat.

Infantino mengaku sudah mengajukan proposal kepada Dewan FIFA terkait gagasan ini. Andai ide Infantino untuk menambah jumlah peserta disetujui, bukan tak mungkin Piala Dunia jadi sebuah turnamen yang lebih besar.

"Ide FIFA adalah untuk mengembangkan sepakbola di seluruh dunia. Piala Dunia adalah event (sepakbola) terbesar yang ada. Ini lebih dari sebuah kompetisi, ini adalah sebuah acara sosial," ujar Infantino dikutip FourFourTwo.

"Ide ini untuk mencari solusi terbaik. Kami akan memperdebatkan ini dengan mereka (Dewan FIFA) bulan ini. Dan kami akan memutuskannya di tahun 2017," katanya

Menurut Infantino, skema Piala Dunia jika diikuti 48 klub adalah 16 negara lolos langsung dalam fase grup. Sementara 32 negara lainnya harus lebih dulu melakoni laga kualifikasi, yang juga digelar di negara tuan rumah. 32 negara yang mengikuti kualifikasi akan memperebutkan 16 tempat yang tersisa, untuk bisa lolos ke fase grup.

"Idenya adalah, 16 tim akan lolos langsung ke fase grup dan 32 (negara) lainnya akan bermain di fase awal, di negara Piala Dunia dimainkan. Mereka akan memperebutkan 16 tempat tersisa. Ini berarti Piala Dunia berjalan normal dengan 32 tim, tapi akan ada 48 tim yang ikut serta," ucap Infantino.

KOMENTARI ARTIKEL INI
TERKAIT
BACA ARTIKEL MENARIK LAINNYA
Load More...
TERPOPULER
TUTUP