Alasan Riedl Panggil Bek Persija ke Timnas Indonesia

Pemain belakang Persija Jakarta, Gunawan Dwi Cahyo (kiri).
Sumber :
  • Indonesiansc.com

VIVA.co.id –  Bek Persija Jakarta, Gunawan Dwi Cahyo menjadi pemain yang sedang ramai dibicarakan. Bukan hanya karena penampilan apiknya bersama Macan Kemayoran, tetapi terkait dengan pemanggilannya ke pemusatan latihan Tim Nasional Indonesia.

Dulu Dianggap Mustahil, Kini Pemain Indonesia Ada yang Main di Premier League

Gunawan menjadi salah satu pemain yang baru pertama kali dipanggil untuk gabung ke Skuat Garuda. Kesempatannya ikut berlaga di Piala AFF Myanmar-Filipina 2016 mendatang pun terbuka lebar.

"Beberapa waktu lalu dia pernah main untuk saya di timnas U-23. Kami ingin melihat kemampuan dia, dan baik bagi kami memiliki pemain yang lebih senior," kata Riedl kepada wartawan saat ditemui di Hotel Yasmin, Karawaci, Jumat 28 Oktober 2016.

Sudah Lama Timnas Indonesia Tak Tekuk Vietnam, Terakhir Menang Zaman Alfred Riedl

Keputusan Riedl ini tak lepas dari minimnya pemain bertahan mereka yang memiliki pengalaman bertanding. Dalam dua uji coba sebelumnya melawan Malaysia dan Vietnam, duet Fachrudin Aryanto dan Rudolof Yanto Basna menjadi pilihan.

Meski meraih hasil positif, namun performa kedua bek muda tersebut tak lepas dari kritik. Mantan pemain timnas Indonesia, Imran Nahumarury menilai keduanya masih sering miskoordinasi dalam menggalang pertahanan.

Momen Tegang dan Panik Saat Bus Pawai Timnas U-22 Masuk Terowongan Semanggi

"Saya lihat di dua pertandingan terakhir ini ada miskomunikasi koordinasi pertahanan. Padahal lini pertahanan itu sangat penting. Harusnya ada pemain yang lebih senior," ujarnya.

Mendapatkan kepercayaan dari Riedl, Gunawan mengaku siap memenuhi ekspektasi. Dan dia berharap, ke depan apa yang ditampilkannya dapat membawanya berlaga di Piala AFF 2016 membawa nama Indonesia.

"Persaingan akan cukup berat, karena pemain muda sekarang bagus-bagus semua. Tapi secara pribadi saya akan berusaha dan kerja keras demi posisi di tim," ucap pemain berusia 27 tahun tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya