Sudah Lama Timnas Indonesia Tak Tekuk Vietnam, Terakhir Menang Zaman Alfred Riedl

Mantan pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl
Sumber :
  • AFF

Qatar – Timnas Vietnam akan menjadi lawan selanjutnya Timnas Indonesia di penyisihan Grup D Piala AFF 2023. Duel dua tim Asia Tenggara ini digelar di Abdullah bin Nasser bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, Jumat 19 Januari 2024.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Misi wajib menang diapungkan Indonesia dalam laga ini demi menjaga kans lolos ke babak 16 besar. Sebab, di laga perdana armada Shin Tae yong takluk 1-3 dari Timnas Irak.

Namun, bukan hal mudah menaklukkan Vietnam. Apalagi ternyata Skuad Garuda sudah lama tak bisa mengalahkan Vietnam.

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Dilansir 11v11, dalam enam pertemuan terakhir, Indonesia tak mampu mengalahkan Vietnam. Tiga kali Indonesia kalah dan tiga laga lainnya berakhir imbang.

Terakhir Menang Zaman Alfred Riedl
Lantas kapan Indonesia terakhir menang lawan Vietnam? Ternyata, itu terjadi saat skuad Garuda masih dilatih mendiang Alfred Riedl.

Media Asing Soroti Suporter Indonesia di Qatar, Sebut Jadi 'Mini Jakarta'

Momen tersebut terjadi di leg 1 semifinal Piala AFF 2016. Indonesia menang tipis 2-1 di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor pada 3 Desember 2016.

Dua gol Indonesia dicetak Hansamu Yama di menit 7 dan Boaz Solossa dari titik penalti di menit 50.

Kiper Timnas Indonesia, Kurnia Meiga Hermansyah, di Piala AFF 2016

Photo :

Vietnam sempat membalas di menit 17. Nguyen van Quyet menjebol gawang Indonesia yang dikawal Kurnia Meiga Hermansyah melalui titik penalti.

Di leg kedua, Indonesia mampu menahan imbang Vietnam 2-2 My Dinh National Stadium, Hanoi. Skuad Garuda melaju ke final dengan agregat 4-3.

Sayang, Indonesia harus puas menjadi runner-up Piala AFF 2016. Indonesia kalah 2-3 secara agregat dari Thailand di final.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya