Dulu Dianggap Mustahil, Kini Pemain Indonesia Ada yang Main di Premier League

Pemain Timnas Indonesia, Justin Hubner
Sumber :
  • AP Photo/Hussein Sayed

JAKARTA – Dulu, membayangkan pemain Indonesia tampil di Eropa seperti hal mustahil. Persaingan sengit di Eropa membuat pemain Indonesia dianggap tak akan bisa menembus klub-klub Benua Biru.

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Pemain Indonesia yang abroad atau bermain di klub luar negeri hanya sebatas di negara tetangga seperti Malaysia atau Thailand. Paling banter ke liga-liga di Asia Timur seperti Korea Selatan atau Jepang.

Hal tersebut sempat berada dalam benak mantan pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedl. Sebelum meninggal dunia, pelatih asal Austria tersebut sempat berbagi berbagai hal kepada VIVA pada 2016 silam.

Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

Salah satu pertanyaan VIVA adalah mengenai peluang pemain Indonesia main di Eropa. Riedl menganggap itu sesuatu yang sulit.

Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl

Photo :
  • VIVA.co.id/Luzman Rifqi Karami
Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

"Tentu saja, Indonesia bisa. Masih banyak peluang di luar negeri. Eropa? Kalau untuk Eropa masih sulit, karena kualitas dan persaingan di sana sangat sulit untuk ditembus pemain Indonesia," kata Riedl ketika itu.

"Ada banyak syarat yang masih sulit dipenuhi pemain Indonesia untuk bermain di sana. Namun, untuk di Asia Timur seperti Jepang atau Korea Selatan, masih ada peluang. Atau mungkin di Malaysia. Kalau di Eropa masih sulit," lanjutnya.

Kini Ada Pemain Indonesia di Premier League
Namun, kini delapan tahun berselang, coba lihat skuad Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Ada banyak pemain yang berkarier di klub-klub Eropa.

Bahkan, ada yang tercatat sebagai pemain klub Premier League atau kasta teratas Liga Inggris. Dia adalah Justin Hubner.

Masih ada pemain lain yang berkarier di Inggris. Dia adalah Elkan Baggott yang tampil bersama Ipswich Town di Championship atau kasta kedua Inggris. Ipswich Town bahkan berpeluang promosi ke Premier League musim depan.

Gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan

Photo :
  • Media PSSI

Selain itu, ada juga dua pemain yang bermain di Belgia. Marselino Ferdinan tercatat sebagai KMSK Deinze sedangkan Sandy Walsh memperkuat KV Mechelen.

Dua pemain tampil di Belanda. Ivar Jenner bermain di FC Utrecht sedangkan Rafael Struick membela ADO Den Haag.

Ini membuktikan kualitas sepakbola Indonesia sudah semakin maju. Dan mudah-mudahan bisa semakin berprestasi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya