Pratama Arhan ke Suwon FC, Timnas Indonesia Masih Punya 2 Pemain Pengangguran di Piala Asia 2023

Pratama Arhan resmi bergabung dengan Suwon FC
Sumber :
  • Instagram @suwonfc

QATAR – Bek Timnas Indonesia, Pratama Arhan resmi melanjutkan karier bersama klub Korea Selatan Suwon FC. Suwon merupakan klub K League 1 atau kasta teratas Liga Korea Selatan.

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti

Dengan kepastian tersebut, pemain pengangguran Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 resmi berkurang. Sebelumnya, Arhan berstatus pengangguran atau tanpa klub usai dilepas klub Jepang, Tokyo Verdy.

Meskipun demikian, ternyata masih ada dua pemain pengangguran yang membela Indonesia di Piala Asia 2023. Berikut ulasannya.

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

1. Shayne Pattynama
Pemain naturalisasi Shayne Pattynama berstatus tanpa klub. Pemain 25 tahun ini dilepas klub Norwegia, Viking FK pada 7 Desember 2023. 

Bek Timnas Indonesia Shayne Pattynama

Photo :
  • Instagram @timnas.indonesia
Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Direktur Olahraga Viking FK, Erik Nevland, menyampaikan terima kasih atas dedikasi Shayne Pattynama selama ini. Menurutnya, pemain tersebut jadi salah satu rekrutan terbaik milik Viking FK. 

"Shayne adalah rekrutan yang bagus bagi kami mengingat ia telah berkontribusi sebanyak yang ia lakukan. Ia mengalami perkembangan yang baik, dan kami menyadari bahwa rencananya adalah berada di Viking selama beberapa waktu sebelum ia pindah," tuturnya.

2. Asnawi Mangkualam
Kapten Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam juga belum memiliki klub. Dia sudah dilepas klub asal Korea Selatan, Jeonnam Dragons.

Asnawi Mangkualam cuma bertahan selama satu musim di Jeonnam Dragons. Dan kini belum diketahui kemana mantan pemain PSM Makassar itu akan berlabuh. Tak ada isu yang keluar akhir-akhir ini.  

Pemain Timnas Indonesia rayakan gol Asnawi Mangkualam Bahar

Photo :
  • AP Photo/Hussein Sayed

Bukan cuma Asnawi yang dilepas Jeonnam, karena masih ada sembilan pemain lainnya. Klub mengambil tindakan ini karena ingin cuci gudang sebelum musim baru K2 League digulirkan.

Meskipun berstatus pengangguran, hal tersebut tak memengaruhi performa Asnawi di Piala Asia 2023. Pemain yang kerap digosipkan dengan Fuji ini menjadi pahlawan kemenangan Indonesia saat bertemu Vietnam di laga penyisihan Grup D, Jumat 19 Januari 2024.

Gol tunggal Asnawi di menit 42 dari titik penalti membawa Indonesia menekuk Vietnam 1-0. Skuad Garuda pun menjaga asa lolos ke babak 16 besar.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya