4 Tim Lolos ke Babak 16 Besar Piala Asia 2023, Gimana Peluang Timnas Indonesia?

Pemain Timnas Irak rayakan gol di Piala Asia 2023
Sumber :
  • AP Photo/Aijaz Rahi

QATAR – Sebanyak empat tim sudah memastikan tempat di babak 16 besar Piala Asia 2023. Siapa sajakah mereka?

Jay Idzes Jaga Asa Venezia Promosi ke Serie A

Tim pertama yang lolos adalah Timnas Qatar. Tuan rumah sukses melibas Lebanon 3-0, lalu menekuk Tajikistan 1-0 sehingga kokoh di puncak klasemen Grup A.

Setelah itu, ada Timnas Australia yang lolos dari Grup B. Socceroos mampu menekuk India 2-0 lalu menang tipis 1-0 atas Suriah.

Viral, Ekspresi Bung Towel Pas Indonesia Gilas Korea Selatan di Piala Asia U-23

Timnas Iran juga berhasil lolos usai dua kali menang di Grup C. Mereka menaklukkan Palestina 4-1 lalu menang tipis 1-0 dari Hong Kong.

Terakhir, ada Timnas Irak yang tampil mengejutkan di Grup D. Mereka menekuk Indonesia 3-1 lalu mengalahkan favorit juara Jepang 2-1.

Akhirnya, Pelatih Korea Selatan Beri Pengakuan Usai Dikalahkan Timnas Indonesia U-23

Peluang Timnas Indonesia
Timnas Indonesia menjaga asa lolos ke babak 16 besar usai menekuk Timnas Vietnam 1-0 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat, 19 Januari 2023.

Kemenangan ini membuat Indonesia untuk sementara berada di peringkat ketiga klasemen Grup D dengan poin tiga. Indonesia kalah selisih produktivitas gol dari Jepang di posisi kedua dengan poin yang sama.

Pemain Timnas Indonesia rayakan gol Asnawi Mangkualam Bahar

Photo :
  • AP Photo/Hussein Sayed

Meski berada di peringkat ketiga, Timnas Indonesia masih memiliki peluang besar untuk lolos ke babak 16 besar.  Tempat di babak 16 besar akan terdiri dari enam tiket untuk juara grup dan enam tiket untuk runner up grup. Sementara empat tiket sisanya akan diberikan kepada empat peringkat tiga terbaik.

Hingga saat ini, Timnas Indonesia memegang status sebagai peringkat ketiga terbaik. Skuad Garuda meraih tiga poin. Sementara rival-rival di grup lain yaitu Suriah, Tajikistan dan Palestina baru mengumpulkan satu poin dari dua pertandingan.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya