Alasan Shin Tae-yong Tunjuk Asnawi Gantikan Rafael Struick Jadi Penghancur Vietnam

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong
Sumber :
  • PSSI

VIVA – Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengungkap alasannya menukar penendang penalti saat mengalahkan Vietnam 1-0 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Jumat 19 Januari 2024.

Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Timnas Indonesia mendapatkan tendangan penalti pada menit ke-42 setelah Rafael Struick dijatuhkan Nguyen Thanh Binh di area terlarang.

Rafael Struick sempat akan maju sebagai penendang dia juga sudah memegang bola untuk dieksekusi. Namun, pada akhirnya Asnawi yang menjadi penghancur Vietnam.

Yang Bikin Shin Tae-yong Terusik saat Indonesia Kalahkan Korea Selatan

Asnawi menjalankan tugasnya dengan baik. Tendangan kaki kanan Asnawi ke sisi kiri gawang Vietnam mengecoh Nguyen Filip yang bergerak ke kiri. Indonesia unggul 1-0 pada menit ke-42.

Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Photo :
  • AP Photo/Hussein Sayed
Viral, STY Salami dan Peluk Seluruh Pemain Korsel usai Digilas Timnas Indonesia

 
"Benar bila saya mengubah algojo sepakan penalti (dari Struick ke Asnawi). Saya pikir Asnawi lebih percaya diri," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers pasca-laga. 

"Dia punya feeling bagus kepada bola, walau dia belum mencetak gol. Untungnya, Asnawi bisa menendang penalti dengan akurat, membawa kemenangan untuk kami," sambungnya.

Terlepas dari itu,  Shin Tae-yong mengapresasi perjuangan para pemainnya dan lawan. Menurut pelatiih asal Korea Selatan itu pertandiingan ini berkualitas tinggi. 

"Kedua tim memberikan usaha mereka yang terbaik. Jadi laga ini sangat agus dan berkualitas tinggi. Indonesia sedikit lebih beruntung dan menang," ucap Shin.

"Kami berterima kasih kepada fans atas dukungan mereka yang membuat kami tampil bagus," tambahnya.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Photo :
  • PSSI

Kemenangan atas Vietnam membuat Timnas Indonesia menjaga peluang lolos ke babak 16 besar Piala Asia. Skuad Garuda kini berada di peringkat ketiga klasemen sementara dengan poin tiga.

Selanjutnya, Timnas Indonesia akan menghadapi Raksasa Asia, yakni Jepang pada Rabu 24 Januari 2024. Sedangkan Vietnam menghadapi pemuncak klasemen, Irak.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya