Ketika Pemain Pengangguran Jadi Pahlawan Timnas Indonesia Bekuk 'Pasukan Nguyen'

Pemain Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam rayakan gol
Sumber :
  • AP Photo/Hussein Sayed

Qatar – Kapten Timnas Indonesia Asnawi Mangkualam menceritakan perasaannya saat menjadi eksekutor tendangan penalti yang berbuah gol tunggal bagi Skuad Garuda saat menghadapi Timnas Vietnam, Jumat 19 Januari 2024.

Bukan Hina Pemain Korea Selatan, Ernando Minta Maaf dan Jelaskan Alasan Joget Usai Gagalkan Penalti

Pemain yang berstatus pengangguran atau tanpa klub itu menuturkan bahwa ia pasrah dengan keputusan pelatih Shin Tae-yong yang memintanya menjadi penendang bola, dan bersyukur bisa menuntaskan tugasnya dengan gemilang.

"Memang itu instruksi dari pelatih dan sudah ditentukan. Siapa pun yang diberikan tanggung jawab harus siap mengeksekusi dengan baik dan bantu tim menuju kemenangan. Jadi siapa saja harus siap," ujar Asnawi saat ditemui usai pertandingan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat malam waktu Qatar.

Pj Gubernur Sumut Optimis Timnas Indonesia Melaju ke Final Piala Asia U-23

Berkat gol pemain yang sudah dilepas klub Jeonnam Dragons (Korea Selatan) tersebut, Indonesia akhirnya mengoleksi satu kemenangan di fase penyisihan grup Piala Asia 2023 dengan skor 1-0 atas Vietnam.

Pemain Timnas Indonesia rayakan gol Asnawi Mangkualam Bahar

Photo :
  • AP Photo/Hussein Sayed
Nonton Langsung di Qatar, Fitri Carlina Menangis Saat Timnas Indonesia Menang Lawan Korea Selatan

Indonesia yang berada di Grup D, harus bersaing dengan lawan-lawan berat seperti Irak, Vietnam, dan Jepang. Skuad asuhan Shin Tae-yong itu tinggal menjalani laga terakhir kontra Jepang pada Rabu 24 Januari 2024.

Asnawi mengaku pasrah saat bertugas menjalankan tendangan penalti. Beruntung sepakannya membuat karet bundar melesat masuk ke gawang yang dijaga kiper Vietnam Nguyen Filip di menit ke-42.

"Saya menyerahkan semuanya kepada Tuhan dan alhamdulillah bisa mengeksekusi dengan tenang," Asnawi menceritakan.

Momen krusial tersebut diselesaikan Asnawi dengan baik. Meski awalnya tegang, namun sebenarnya ia sudah menyiapkan mental dan teknik jika sewaktu-waktu ditunjuk sebagai eksekutor tendangan penalti. 

Selama masa pemusatan latihan, ia pun sudah melatih dan mempersiapkan segala skenario yang bakal terjadi di turnamen yang berlangsung pada 12 Januari-10 Februari tersebut.

"Kalau diberikan tanggung jawab tersebut ya harus siap. Saya memang juga sudah mempersiapkan di latihan juga," pungkasnya.

Berkat kemenangan itu, Indonesia memperbesar peluang untuk lolos ke babak 16 besar, sekaligus memastikan nasib Vietnam untuk pulang lebih cepat.

Dalam laga melawan Indonesia, Vietnam menurunkan 8 pemain bernama Nguyen. Enam pemain Nguyen menjadi starter dan dua lainnya turun dari bangku cadangan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya