3 Faktor yang Bikin Vietnam Khawatir Main Lawan Indonesia

Pemain Timnas Indonesia, Stefano Lilipaly (tengah), merayakan gol lawan Vietnam.
Sumber :
  • Bongdaplus.vn

VIVA.co.id – Timnas Vietnam akan bermain di hadapan ribuan suporter Indonesia dalam laga leg 1 semifinal Piala AFF 2016, Sabtu, 3 Desember 2016. Vietnam merasa khawatir jelang laga di Stadion Pakansari ini.

Media Asing Sebut Penampilan Timnas Vietnam Jauh di Bawah Indonesia: Sangat Kontras

Indonesia dan Vietnam adalah dua negara yang saling mengenal dalam beberapa tahun terakhir. Keduanya kerap terlibat dalam pertemuan di Piala AFF maupun uji coba internasional.

Kali ini, Vietnam bertandang ke Indonesia dalam perebutan tiket ke laga final Piala AFF. Sebuah laga yang tidak boleh dianggap enteng.

M Tahir Mendunia! Sampai Diangkat Media Vietnam, tapi Netizen Salfok ke Rizky Ridho

Vietnam sadar betul dengan ketangguhan Indonesia saat main di kandang. Skuat Garuda berhasil memaksakan imbang 2-2 di uji coba Oktober lalu, meski tertinggal dua gol lebih dulu.

Menghadapi laga semifinal Sabtu besok, media Vietnam berspekulasi laga nanti tidak akan mudah. Ada tiga faktor yang bisa merepotkan Vietnam saat tampil di Indonesia, versi bongdaplus.vn:

Pelatih Korea Selatan Kritik Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Puji-puji Park Hang-seo

1. Atmosfer Suporter
Vietnam tahu betul bagaimana menakutkannya atmosfer suporter Indonesia tiap bermain di kandang. Pada SEA Games 2011, bahkan pemain Vietnam kesulitan berkomunikasi karena berisiknya penonton yang memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno. Vietnam kalah 0-2 dan menilai faktor putusnya komunikasi antara pelatih dan pemain jadi alasan.

Meski sekarang harus bermain di Pakansari yang memiliki jumlah kursi hanya 30.000, kubu Vietnam tetap waspada penuh dengan faktor non-teknis tersebut. Mereka pun mencari cara agar bisa komunikasi lebih baik, salah satunya dengan catatan pada kertas. Para pemain Vietnam juga akan diuji mentalitasnya.

2. Penyerang Berbahaya
Tampil tidak terlalu meyakinkan di fase grup, tapi akhirnya berhasil lolos ke semifinal, bukan berarti Indonesia melaju karena beruntung. Sejumlah pemain Indonesia sangat diwaspadai oleh media Vietnam.

Boaz Solossa, Stefano Lilipaly, dan Andik Vermansyah dianggap pemain kunci Indonesia yang bisa amat merepotkan. Boaz sudah mencetak dua gol, Lilipaly punya kualitas teknik tinggi, dan Andik mengandalkan kecepatan serta tendangan kerasnya.

3. Sudah Kantongi Gaya Bermain Vietnam
Eks pemain timnas Vietnam, Nguyen Minh Phuong, menilai elemen paling berbahaya saat menghadapi Indonesia asuhan Alfred Riedl adalah pengetahuan yang diketahui tim lawan, terutama setelah dua laga uji coba jelang Piala AFF 2016 kemarin.

Riedl juga dikenal sangat mengetahui gaya bermain Vietnam. Karena pria Austria itu merupakan pelatih yang mampu meningkatkan performa Vietnam di Piala Asia 2007 lalu. Pengetahuan ini yang dinilai bisa menjegal langkah Vietnam. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya