Masalah Klasik Pelatih Asing di Timnas Menanti Luis Milla

Pelatih Timnas Indonesia, Luis Milla
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id – Pemain Persib Bandung, Dedi Kusnandar menyambut baik terpilihnya Luis Milla sebagai pelatih Timnas. Dedi berharap, pelatih berusia 50 tahun ini membawa prestasi lebih baik lagi ke depan.

Momen Tegang dan Panik Saat Bus Pawai Timnas U-22 Masuk Terowongan Semanggi

PSSI resmi menunjuk Luis Milla sebagai pelatih anyar Timnas Indonesia. Pelatih berkebangsaan Spanyol itu diikat kontrak selama dua tahun.

Kendati demikian, Dedi menilai, dengan ditunjuknya pelatih asing bakal membuat sedikit kendala bagi tim, terutama dari komunikasi yang dibangun pelatih dengan pemain.

5 Fakta Marselino Ferdinan, Pemain Timnas yang Lagi Viral

Hal itu dirasakan langsung pemain berusia 25 tahun ini saat memperkuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2016. Saat itu, pelatih Timnas dipegang Alfred Riedl.

"Masalah klasik dari dulu pelatih asing dengan pemain ya memang adaptasinya. Mudah-mudahan dengan bantuan asisten pelatih lokal dengan masukan-masukannya bisa mudah," ujar Dedi.

5 Fakta Iwan Bule Trending di Twitter Karena Unggahan Situs PSSI

Selain Timnas senior, Luis Milla juga membesut Timnas Indonesia U-22 untuk persiapan gelaran SEA Games 2017 di Kuala Lumpur. Luis Milla dibebankan bisa membawa Timnas Indonesia U-22 meraih medali emas.

Dedi mengaku optimistis dengan sentuhan Luis Milla, Timnas bisa berbicara di ajang bergengsi se-Asia Tenggara itu. Seperti ketika berhasil membawa  Timnas Spanyol U-21 juara Piala Eropa U-21 pada 2011 lalu.

"Mungkin kemarin persiapan fokus AFF dan kongres, dengan waktu tujuh bulan bisa maksimal dengan pelatih baru, walaupun terbilang mepet mudah-mudahan bisa dimanfaatkan sebaik mungkin," ujarnya berharap. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya