Gasak Filipina 4-0, Kepercayaan Diri Timnas U-16 Terangkat

Pemain Timnas Indonesia U-16, Rendy Juliansyah merayakan golnya.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko/ama/17.

VIVA.co.id – Timnas Indonesia U-16 menggasak Filipina U-16 dengan skor telak 4-0 dalam uji coba internasional di Stadiun Maguwoharjo, Kabupaten Sleman, Yogyakarta, Minggu 21 Mei 2017.Kemenangan ini disambut baik pelatih Fachry Husaini.

Putra Darius Sinathrya dan Donna Agnesia Ikut Seleksi Timnas Indonesia U-16: Kehormatan Besar

"Kemenangan 4-0 ini tentunya  menambah kepercayaan diri para pemain," ujarnya usai pertandingan.

Fachry melihat Timnas U-16 memiliki banyak peluang menjadi gol. Dia menyoroti sikap emosional pemainnya, namun memuji kedisiplinan pemain.

Seleksi Indonesia U-16, Pemain Langsung Tes Fisik

"Tadi saya lihat longpass yang dilakukan oleh Timnas Filipina juga berbahaya," ungkapnya.

Mantan pemain Timnas Indonesia menjadikan laga ujicoba untuk memaksimalkan seluruh pemain yang ada.

Seleksi Indonesia U-20 dan U-16 di Medan Diikuti 1.200 Peserta

"Semua pemain mendapatkan kesempatan uuntuk bermain," ujarnya.

Di menit 60 pertama, Fachry memasang tiga striker dan memaksimalkan peran pemain sayap untuk tandem dengan striker.

"Srategi ini pernah saya lakukan di beberapa laga sebelumnya agar pemain mudah beradaptasi. Termasuk menggunakan formasi 3-5-2 pada menit 70," terangnya.

Fachry menilai, para pemain yang di bawah umur 16 tahun memang sulit bermain selaam 90 menit. Namun, dia sudah puas dengan permainan pemainnya.

"Bermain 65 menit secara konsisten sudah sudah memuaskan bagi saya," jelasnya.

Sementara itu pelatih Timnas Filipina, Emilio Caligdong  mengatakan Timnas Indonesia sangat pantas menang jika melihat permainan selama 90 menit.

"Pemain kami kelelahan setelah melalukan perjalanan panjang selama dua hari dan persiapan uji coba hanya sembilan hari. Ada beberapa pemain inti yang yidak bisa dipanggil karena harus sekolah," katanya.

Caligdong juga menilai kebugaran Timnas Indonesia sangat baik dan dalam permainan Timnas Indonesia selalu memberikan tekanan untuk mendapatkan bola.

"Tapi, tapi saya tidak mau menyalahkan penerbangan panjang yang membuat tim mengalami kekalahan. Saya ingin memberi pengertian kepada seluruh  pemain ketika bertanding tandang itu akan penuh tekanan," jelasnya.

Setelah laga uji coba internasional dengan Filipina, Timnas U -16 dijadwalkan akan mengikuti turnamen mini di Vietnam pada tanggal 14-18 Juni 2017. Sebelumnya tanggal 8 Juni 2017 akan ada ujicoba internasional melawan Singapura.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya