Dokumen 20 Halaman Ungkap Kebohongan Besar Barca

Gelandang serang Liverpool, Philippe Coutinho (kanan)
Sumber :
  • Twitter/@LFC

VIVA.co.id – Baru-baru ini, beredar sebuah dokumen sebanyak 20 halaman yang mengungkapkan kisah sebenarnya dari saga transfer playmaker Liverpool, Philippe Coutinho, ke Barcelona. Dalam dokumen tersebut terungkap bahwa ada kebohongan besar yang dilakukan Barca.

Curhat Arteta Usai Arsenal Diamuk Liverpool

Sebelumnya, Barca mengeluhkan sikap Liverpool yang enggan menjual Coutinho. Mereka menuding Liverpool telah bersikap arogan dengan memasang harga selangit untuk Coutinho.

Barca menuding Liverpool telah memasang harga yang tak masuk akal untuk Coutinho, yakni sebesar €200 juta atau setara Rp3,2 triliun. Fakta yang berbicara bukan demikian.

Peluang Kylian Mbappe ke Liverpool

Dilansir Der Spiegel, Football Leaks mengungkapkan apa yang sebenarnya terjadi antara Liverpool dan Barca. Sempat terjalin kontak antara kedua belah pihak.

Azulgrana mengirimkan surat elektronik melalui Direktur Eksekutif, Oscar Grau, meminta agar Liverpool melepas Coutinho. Liverpool, yang diwakili oleh Direktur Olahraga, Michael Edwards, menegaskan tak mau menjual Coutinho dengan harga berapa pun.

Liverpool Harap-harap Cemas Usai Hajar Newcastle United

Tak ada permintaan harga yang dicantumkan Liverpool dalam proses komunikasi pada 20 Juli 2017 lalu.

"Saya secara sopan agar Anda berhenti mempermalukan Coutinho di depan publik dan pribadi. Berapa pun uang Anda, tak akan mengubah pemikiran kami," begitu kalimat balasan Edwards kepada Grau.

Usai surat balasan ini, ternyata Barca melakukan kontak secara diam-diam dengan Coutinho. Mereka akhirnya menyusun proposal kontrak untuk Coutinho setebal 20 halaman.

Proposal inilah yang kemudian terkuak ke publik. Barca sendiri yang menawarkan uang dalam jumlah besar kepada Coutinho.

Mereka menawarkan nilai kontrak senilai €115 juta atau senilai Rp1,8 triliun, untuk durasi lima tahun. Detailnya adalah €105 juta merupakan nilai transfer sebenarnya dan sisanya menjadi komisi agen.

Proposal ini sudah disetujui Coutinho pada 31 Agustus 2017. Tapi, pada akhirnya proses kepindahan gagal terwujud karena Liverpool bersikeras tak mau jual Coutinho. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya