Microsoft Targetkan Windows 10 di Satu Miliar Perangkat

CEO Microsoft menjadi pembicara tamu jelang pameran CES 2013
Sumber :

VIVA.co.id - Microsoft yakin jika sistem operasi terbarunya ini akan digunakan oleh banyak perangkat. Hal ini karena Windows 10 akan disesuaikan untuk aneka platform, baik smartphone, PC maupun tablet.

Dilansir melalui The Register, Senin 11 Mei 2015, Kepala Divisi Windows Microsoft, Terry Myerson, mengatakan jika satu miliar perangkat akan menggunakan Windows 10. Angka ini optimistis akan diraih Microsoft dalam kurun dua sampai tiga tahun ke depan, sejak Windows 10 resmi diluncurkan.

Dia memastikan bahwa hal ini dipicu oleh basis pengguna Windows yang jumlahnya cukup menggembirakan. Menurut dia, para pengguna perangkat Windows 7 akan berbondong-bondong meng-upgrade sistem operasinya ke Windows 10.

6 Bulan, Windows 10 Sudah Aktif pada 200 Juta Perangkat

Selain itu, kondisi ini dikarenakan banyak pengguna yang kini memiliki perangkat dengan dua fungsi, atau 2-in-1, atau laptop yang bisa berfungsi sebagai tablet.

"Salah satu yang kami belum punya, sebuah perilisan Windows terbaik yang bisa memicu pengguna untuk memperbaharui PC mereka," ujarnya.

"Saya melihat banyak orang dengan PC berbasis Windows 7 dan juga melihat sebuah perangkat dua fungsi dengan layar sentuh. Saya pikir, itu lebih dari yang kami miliki. Saya optimistis," katanya.

Memang tidak jelas dikatakan bagaimana cara Microsoft untuk bisa mencapai target tersebut. Namun, perusahaan milik Bill Gates itu yakin dengan banyaknya lini perangkat yang akan mereka gelontorkan. Selain smartphone, Microsoft juga memiliki tablet, Surface, hingga HoloLens.

Data Gartner memprediksi, pada akhir 2015 akan ada 423 juta unit perangkat yang dipersenjatai Windows. Angka ini naik 17,4 persen dibanding jumlah pada 2014. Angka ini, menurut Gartner, mencakup desktop, notebook, smartphone merek lain, dan smartphone Windows keluaran Microsoft.

Selain itu, menurut IDC, Microsoft tidak hanya membuat Windows untuk PC, tapi juga Windows Phone dan Xbox. Untuk Xbox, Microsoft mengklaim telah menjual lebih dari 10 juta unit dalam kurun 12 bulan hingga Oktober 2014, ditambah 34,9 juta unit Windows Phone pada 2014.

Jika data tersebut benar, pada 2016, Windows harus menambahkan target penjualan unit perangkatnya hingga dua kali lipat lebih banyak dari 2015. Dan menambahkannya lagi pada 2017, sehingga bisa mencapai target satu miliar unit.

Sebelumnya, Microsoft mengatakan jika Windows 10 akan menjadi versi terakhir sistem operasi Windows. Mereka lebih memilih memperbaharui fitur ketimbang menjual produk di atasnya. Windows 10 dijadwalkan akan diluncurkan Juli tahun ini. (art)

Oktober, Pangsa Pasar Windows 10 Hampir 8 Persen
Sistem operasi Windows di Microsoft Lumia

Lumia Kini Bisa Upgrade ke Windows 10

Microsoft memberikan panduan untuk upgrade.

img_title
VIVA.co.id
21 Maret 2016