Manfaat Peran Ayah untuk Tumbuh Kembang Anak

Ilustrasi ayah dan anak.
Sumber :
  • Pixabay/ blanca_rovira

VIVA.co.id – Untuk urusan tumbuh kembang anak, peran ayah seringkali diabaikan. Padahal, sama halnya dengan ibu, peran ayah juga sangat memberikan pengaruh yang besar terhadap si kecil yang mulai beranjak besar.

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Seringkali, hanya sosok ibu yang dianggap sebagai kebutuhan untuk sang buah hati. Padahal, si kecil membutuhkan kedua orangtuanya untuk mampu tumbuh dengan baik.

"Pengaruhnya besar. Dampak adanya sosok ayah dan ibu itu memberikan kemampuan problem solving yang baik pada anak," ucap Psikolog anak, Naomi Soetikno, di Baby Happy, Aku & Ayah Happy Day's Out, di Mall Kota Kasablanka, Jakarta, Jumat, 30 September 2016.

Lebih dari Sekedar Antar ke Posyandu, Ini Peran Penting Ayah untuk Kesehatan Anak

Untuk peran ayah sendiri, Naomi menuturkan bahwa si kecil mampu terstimulasi pada tiga perkembangannya. Salah satunya yaitu perkembangan area motoriknya.

"Ayah yang senang mengajak main anaknya, akan mengasah motoriknya. Apalagi ayah itu cenderung membebaskan anaknya untuk bergerak, jadi anak lebih leluasa," tambahnya.

Banyak Anak ke Sekolah Tak Sarapan, Ahli Gizi: Padahal Bisa Dukung Prestasi Akademik

Selain itu, perkembangan sosial anak juga semakin terbentuk sehingga si kecil akan jauh dari karakter anti sosial. Bahkan, cara berpikir anak menjadi lebih sempurna dengan turut serta peran ayah dalam perkembangannya.

"Pengaruh pada berpikir atau berperilaku, jadi logika berpikirnya lebih baik karena figur ayah yang memberikan pemikiran dari sisi logika. Beda dengan ibu yang mengisi aspek pemikiran dari sisi emosi," kata dia.

Ayah dan anak

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya