Tips Singkat Bersihkan Noda Membandel

Ilustrasi pakaian
Sumber :
  • Pixabay/KaoruYamaoka

VIVA.co.id – Menghadapi noda membandel pada pakaian bukan perkara mudah. Tak jarang, pakaian favorit yang semula indah akhirnya harus dipensiunkan hanya karena noda membandel yang tidak bisa hilang.

Mitos atau Fakta? Guyur Kepala dengan Air Dingin Saat Mandi Bisa Sebabkan Stroke?

Banyak orang memilih tidak lagi menggunakan pakaian yang terkena noda karena sulit untuk membersihkannya. Atau, karena meski membutuhkan waktu lama, pengucekan lebih keras, bekas noda tetap terlihat.

Tentu saja hal ini membuat frustasi. Dari beragam noda yang selama ini dikenal, ternyata ada metode untuk menghilangkan noda, seperti dalam rilis Pertolongan Pertama Pada Noda Membandel.

Zaidul Akbar: Yang Paling Parah Minum Waktu Makan, Itu Buruknya Luar Biasa

Noda makanan dan minuman

Saat mulai mengering, noda ini akan semakin sulit dihilangkan. Detergen pun tidak cukup untuk membersihkannya.

Minum Air Dingin di Cuaca Panas Bisa Bikin Batuk, Benarkah?

Untuk noda minyak goreng dan mayones, rendam bagian pakaian yang terkena noda dengan air hangat (maksimal 40 derajat celsius). Sedangkan untuk noda susu cokelat, es krim, saus tomat, kecap, cuci bagian yang terkena noda dengan air dingin.

Berbeda dengan noda minyak yang memerlukan air hangat, pada noda kecap, susu, dan saus memerlukan air dingin karena jika menggunakan air panas akan membuat noda semakin sulit dibersihkan, hal ini disebabkan air panas akan bereaksi dengan protein makanan.

Noda darah

Gunakan air dingin, karena dengan air dingin mampu memecah dan melarutkan darah. Kucek noda darah dengan air dingin pada kedua sisi kain, hindari mengusap noda darah karena bisa memperluas noda.

Noda kosmetik

Noda eye shadow, blusher akan lebih mudah dihilangkan, karena tidak berminyak. Namun untuk maskara dan eyeliner, karena bahan minyaknya mudah menyerap dalam serat kain, gunakan deterjen.

Noda kotoran tubuh

Karena banyaknya protein dari kotoran tubuh, maka untuk menghilangkan noda ini harus menggunakan air dingin. Rendam secepatnya dalam air dingin saat noda menempel di pakaian.

Noda keringat

Bekas keringat akan meninggalkan noda yang menguning pada pakaian. Biasanya noda ini ada di bagian ketiak, dan muncul akibat bahan deodoran yang bereaksi dengan garam dalam keringat. Untuk menghilangkannya, rendam pakaian dalam air hangat selama satu jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya