Tips Persiapkan Anak Kembali ke Sekolah Usai Libur Panjang

Ilustrasi anak.
Sumber :
  • Pixabay/Ambermb

VIVA – Tidak terasa libur sekolah akan segera berakhir. Tahun ini liburan pun begitu panjang lantaran jatuh berdekatan dengan libur lebaran. 

5 Rekomendasi Wisata di Jakarta Untuk Libur Sekolah dari Rumah Hantu hingga Aquarium

Lamanya waktu liburan tahun ini menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi orangtua. Tidak jarang, efek libur panjang membuat anak ogah-ogahan bangun pagi dan sekolah. Untuk itu perlu kiat khusus agar anak semangat ke sekolah.

Menanggapi hal itu, Evelyn Yonathan Senior Vice President Lazada Indonesia, yang juga ibu dari dua anak membagikan tips jitu mempersiapkan anak untuk kembali ke sekolah setelah libur panjang. 

Ide Menghabiskan Liburan Anak Sekolah dengan Seru di Sentul, Destinasi Dekat dari Jakarta

1. Mulai membaca buku terkait pelajaran 

Liburan bisa membuat anak Anda lupa akan pelajaran di sekolah. Untuk mengingatkan anak kembali akan pelajaran disarankan mulai menyelipkan beberapa buku edukasi ke dalam bacaannya saat liburan. 

Penampakan Pantai Pangandaran Membludak Diserbu Pengunjung Selama Libur Sekolah

"Buku edukasi yang menarik dan penuh gambar bisa membantu anak menyimak dengan senang. Orangtua bisa memilih beragam pilihan buku edukasi berdasarkan minat dan kesukaan anak," ujarnya dilansir dari rilis yang diterima VIVA Minggu 7 Juli 2018.

Buku edukasi dengan gaya tulisan atau gambar bercerita juga bisa menjadi alternatif bacaan di waktu malam sebelum anak Anda tidur. 

2. Tidur cukup dan mulai bangun pagi 

Mengembalikan jam tidur menjadi normal juga penting untuk membiasakan anak-anak menghadapi rutinitas bersekolah. 

"Dengan jumlah jam tidur yang cukup dan membiasakan kembali bangun pagi dan berkegiatan seperti mandi dan sarapan akan membuatnya merasa lebih segar ketika bangun di pagi hari dan memulai harinya saat kembali ke sekolah nanti," ujarnya.

3. Bantu anak membuat daftar kegiatan yang dinanti saat sekolah

Selain mengingatkan untuk belajar, anak Anda juga akan semangat apabila diingatkan aktifitas yang dapat mereka lakukan di sekolah, terutama yang melibatkan teman-temannya. Bantu mereka untuk menyusun daftar kegiatan yang bisa dilakukan setelah sekolah mulai. 

"Coba untuk ajak anak Anda bertemu dan bermain dengan teman-teman baiknya di sekolah menjelang akhir liburannya. Sehingga dia akan mengingat betapa serunya rutinitas bersekolah bersama dengan temannya itu dan menanti saat sekolah dimulai dengan gembira."

4. Persiapkan kebutuhan sekolah baru

Perlengkapan sekolah baru juga bisa menjadi hal yang membuat anak Anda semangat bersekolah. Mulai dari seragam, sepatu, tas, alat tulis sampai aksesoris yang lucu dan imut dengan beraneka bentuk. 

"Dengan datang ke mall dan department store mungkin akan memakan waktu lama dan meletihkan, terlebih lagi dengan kondisi harus tetap memperhatikan aktifitas anak Anda," katanya.

Namun dengan berbelanja online,  mempersiapkan perlengkapan Anak untuk kembali bersekolah dapat dilakukan di mana saja, bahkan saat liburan di luar kota.  

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya