Mazda Siap Ramaikan Segmen Low MPV

Logo Mazda
Sumber :
  • Ist.

VIVAnews - Mazda Motor Indonesia (MMI) mengaku telah menyiapkan kajian untuk membuat produk terbarunya untuk pasar Indonesia, yaitu kendaraan multiguna murah (low MPV). Pasar ini masih dikuasai Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki APV, dan Daihatsu Luxio.

“Kami melihat pasar low MPV di Indonesia sangat besar,” kata Presiden Direktur Mazda Motor Indonesia (MMI) Keizo Okue kepada VIVAnews.com.

Menurut Okue, study itu mencakup kriteria mobil low MPV yang sesuai kebutuhan masyarakat Indonesia. Selain itu, kajian juga mencakup seberapa besar pasar low MPV. “Studi itu nantinya akan diajukan ke Mazda Jepang agar disetujui,” ujar pria yang gemar mengkoleksi gitar ini.

Dalam ajang pameran otomotif terbesar, IIMS 2011, Mazda meramaikan segmen MPV premium dengan melansir Mazda 8. Mobil yang dibanderol Rp498 juta ini merupakan MPV terpanjang di Indonesia dengan jarak antarroda 2.950 mm. Alhasil, kabin penumpang sangat luas. Kursi kedua di bagian tengah bisa digeser menyamping sehingga memberikan ruang kaki yang nyaman.

Mobil yang bisa menampung 7 penumpang ini dilengkapi dengan pintu geser di kiri dan kanan, seperti yang digunakan pada Mazda 5. Mobil itu diharapkan mampu bersaing dengan beberapa pemain  lama, seperti Toyota Alphard, Nissan Elgrand, VW Caravelle, Mercedes- Benz Viano, dan Hyundai H1.  

Ia mengatakan, tahun ini Mazda Indonesia mentargetkan penjualan sebanyak 8.000 unit. Hingga semester pertama tahun ini, Mazda sudah menjual 4.700 unit yang hampir 60 persen didominasi Mazda 2. “Tahun lalu Mazda berhasil menjual 6.380 unit, saya yakin tahun ini bisa melewati target,” kata dia.

Di negeri Sakura, Mazda2 menunjukkan penjualan terbanyak dalam kurun tujuh tahun, tepatnya sejak 2004. Model yang paling banyak dipesan masyarakat Jepang adalah Mazda2 dengan mesin Skyactiv-G 1.3 bertipe bensin direct-injection.

Model tersebut merajai pasar Mazda2 sebesar 70 persen, dan melebihi target awal sebesar 60 persen. Padahal Mazda2 bermesin Skyactiv itu baru pertama kali dipamerkan di ajang Tokyo Automotive Engineering Exposition pada Mei lalu. Mazda2 dengan 13-Skyactiv memberikan kenikmatan berkendara serta efisiensi bahan bakar hingga 30 km per liter.

Yang Bikin Shin Tae-yong Terusik saat Indonesia Kalahkan Korea Selatan
Isi koper bule Polandia yang diduga hilang sebagian - Foto: Tangkapan Layar Instagram

Beredar Video WN Polandia Kehilangan Isi Kopernya, Pihak Bandara Ngurah Rai Bali Beri Penjelasan

Beredar video di media sosial yang memperlihatkan seorang Warga Negara Asing atau WNA kehilangan barang dalam bagasi penerbangan tujuan Bali. Dia perlihatkan isi kopernya

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024